Pengaruh Penggunaan E-Commerce dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM Tyas Winny Apparel Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Nurotun Nafisah, NIM : 20.21212 (2024) Pengaruh Penggunaan E-Commerce dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM Tyas Winny Apparel Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (376kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (730kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (357kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (236kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce dan social media marketing pada UMKM Tyas Winny Apparel menurut perspektif ekonomi Islam. Keputusan pembelian merupakan bagian dari perilaku konsumen yang memungkinkan konsumen untuk memahami kebutuhannya, mencari produk, mengevaluasi produk, hingga melakukan keputusan untuk melakukan keputusan pembelian produk. E-commerce adalah platform pemasaran yang memanfaatkan komputer dan jaringan internet sebagai media transaksi antara penjual dan pembeli atau konsumen. Social media marketing merupakan strategi promosi melalui sosial media dengan sasaran khalayak yang berinteraksi disocial media melalui berbagai konten dan desain visual yang dapat menarik banyak konsumen. Ekonomi Islam adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas mengenai urusan manusia dalam kaitannya untuk memenuhikebutuhan hidupnya dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal dan jenis penelitian field research. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 96 konsumen yang pernah melakukan pembelian pada UMKM Tyas Winny Apparel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria pernah melakukan pembelian di Tyas winny Apparel, dapat dijangkau peneliti, dan bersedia mengisi kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan e-commerce berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, 2) penggunaan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan 3) penggunaan e-commerce dan social media marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM Tyas Winny Apparel, serta 4) perspektif ekonomi Islam memandang bahwa konsumen Tyas Winny Apparel dalam melakukan keputusan pembelian telah memperhatikan kaidah maslahah dalam konsumsi Islam dan penggunaan e-commerce dan social media marketing pada UMKM Tyas Winny telah sesuai denganprinsip dan nilai ekonomi Islam, namun terdapat hal yang perlu diperbaiki yaitu pada aspek quality control produk.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Aniesatun Nurul Aliefah, M.E.
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, Ekonomi Islam
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:18
Last Modified: 13 Jan 2025 04:18
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1454

Actions (login required)

View Item
View Item