Junaedi, NIM : 2241020 (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PENGALAMAN MENGAJAR, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK MA’ARIF 3 SOMALANGU KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
TESIS - JUNAEDI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) Pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru; 3) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru dan; 4) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman mengajar dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Ma‟arif 3 Somalangu Kebumen. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 35 orang. Pengambilan data dilakukan dengan quesioner. Uji hipotesis menggunakan Product Moment untuk pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru dan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Sedangkan untuk pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman mengajar dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru menggunakan analisis regresi berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Dari hasil olah data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 2,780 atau thitung> ttabel (2,780 > 2,032) dengan signifikansi sebesar sebesar 0,009 atau lebih kecil dari 5%. Pada variable pengalaman mengajar, diketahui bahwa nilai thitung sebesar 2,743 atau thitung> ttabel (2,743 > 2,032) dengan signifikansi sebesar sebesar 0,010 atau lebih kecil dari 5% (0,05), berarti bahwa pengalaman mengajar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Pada motivasi kerja diperoleh data bahwa nilai nilai thitung sebesar 4,082 atau thitung> ttabel (4,082 > 2,032) dengan signifikansi sebesar sebesar 0,000 atau ini lebih kecil dari 5% (0,05), artinya motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hasil uji R2 sebesar 0,796 bila ditulis dalam bentuk prosentase 79,6%. Artinya kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman mengajar dan motivasi kerja sebesar 79,6%, sedangkan selebihnya 20,4%, dijelaskan oleh variabel–variabel lain yang tidak termasuk di dalam penelitian ini. Dari hasil uji serempak dapat diketahui bahwa kepemimpinan kepala madrasah, pengalaman mengajar dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Maryanto, M.Sc. |
| Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan kepala, sekolah, pengalaman mengajar motivasi kerja, kinerja guru |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:31 |
| Last Modified: | 11 Dec 2024 07:31 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1449 |
