MANAJEMEN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi Fenomenologi Terhadap Siswa Kelas V di MI Sultan Agung Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen)

Siti Marfungah, NIM : 2241040 (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi Fenomenologi Terhadap Siswa Kelas V di MI Sultan Agung Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen). Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of REVISI TESIS - SITI MARFUNGAH.pdf] Text
REVISI TESIS - SITI MARFUNGAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebuah fenomena tentang macam-macam karakter anak dan minimnya karakter tanggung jawab anak usia sekolah dasar. Karakter tanggung jawab anak sangat dipengaruhi oleh didikan orang tua sebagai pendidik pertama bagi anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendidikan keluarga dalam penanaman karakter tanggung jawab anak usia sekolah dasar, apa saja kendala-kendala yang dihadapi orang tua dan guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab, dan bagaimana evaluasi pendidikan keluarga dalam penanaman karakter tanggung
jawab anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi pada siswa kelas V MI Sultan Agung Peniron. Peneliti sebagai instrumen utama, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini adalah hasil dari wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, karakter tanggung jawab pada anak usia sekolah dasar adalah sikap dan perilaku anak untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik. Agar menjadi anak yang mempunyai karakter tanggung jawab perlu adanya keteladanan, dan pembiasaan yang dilakukan oleh orang tua di rumah dan guru di sekolah. Kedua, faktor yang menjadi kendala yaitu faktor internal dari dalam diri anak seperti rasa malas dan faktor eksternal yaitu: pendidik, keluarga, ekonomi, sosial, budaya, keamanan, dan kenyamanan. Kendala tersebut dapat diatasi dengan metode dan strategi pendidikan yang tepat. Ketiga, evaluasi pendidikan keluarga bertujuan untuk melihat proses pelaksanaan yang sedang berjalan sebagai fungsi kontrol dan yang kedua untuk melihat hasil akhir yang telah dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhyidin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: manajemen, keluarga, karakter, tanggung jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2024 06:34
Last Modified: 10 Dec 2024 06:34
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item
View Item