Lutfi ‘Abdul ‘Aziz, NIM : 2241022 (2024) MANJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH KARANGTANJUNG KABUPATEN KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
REVISI TESIS - LUTFI ABDUL AZIZ.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan yang bermutu dapat diciptakan jika sekolah atau madrasah mampu mengimplementasikan manajemen strategik dengan tepat. MIS Al Hidayah Karangtanjung Kab. Kebumen menjadi salah satu madrasah yang mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas. Hal ini menjadi alasan bagi ketertarikan peneliti untuk menganalisis penerapan manajemen strategik yang diterapkan Kepala MIS Al Hidayah Karangtanjung Kab. Kebumen dari segi perencanaan/perumusan strategik, implementasi strategik, sampai evaluasi strategiknya dalam peningkatan mutu pendidikan di Madarasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di MIS Al Hidayah Karangtanjung Kab. Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, menggunakan tiga alur kegiatan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam mewujudkan mutu pendidikan, MIS Al Hidayah Karangtanjung Kab. Kebumen telah melakukan perencanaan secara terpadu, sistematis, koheren dan komprehesif melalui tahapan berikut: a) Analisis lingkungan internal terhadap sumber daya yang dimiliki sekolah baik manusia, material maupun teknologi; b) lingkungan eksternal terhadap lingkungan sekolah baik geografis, sosiokultural maupun ekonomi; c) pemilihan strategi secara tepat; d) Pengawasan dan evalusi secara menyeluruh. (2) dalam menerapkan program-program peningkatan mutu pendidikan Kepala MI Al Hidayah Karangtanjung Kab. Kebumen mengambil kebijakan berupa: a) melakukan perbaikan proses secara berkesinambungan; b) menetapkan jaminan mutu dan standar mutu peningkatan mutu sekolah; c) menciptakan kultur atau budaya sekolah; d) melakukan perubahan organisasi; e) mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan. (3) Untuk memastikan bahwa program mutu pendikan telah tercapai maka dilakukan pula evaluasi berupa: a) memonitor seluruh hasil kegiatan dari perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategik; b) mengukur kinerja individu dan sekolah; c) laporan pelaksanaan seluruh kegiatan; dan d) mengambil langkah perbaikan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Muhyidin, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan, Kepala Madrasah, Madrasah Ibtidaiyah. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 10 Dec 2024 03:33 |
| Last Modified: | 10 Dec 2024 03:33 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1432 |
