Manajemen Inovasi Kurikulum di MTs Negeri 1 Kebumen

Khoerotul Awaliah, NIM: 2241037. (2024) Manajemen Inovasi Kurikulum di MTs Negeri 1 Kebumen. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of REVISI TESIS - KHOEROTUL AWALIYAH.pdf] Text
REVISI TESIS - KHOEROTUL AWALIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi zaman sekarang yang sudah mengalami berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan sains modern yang sangat pesat. Oleh karena lembaga pendidikan harus bisa menjawab tantangan tersebut, salah satunya yaitu melalui inovasi kurikulum. Adanya inovasi kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi peserta didik dan memenuhi tantangan zaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di MTs Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti sebagai instrumen utama dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan inovasi kurikulum di MTs Negeri 1 Kebumen dilakukan setiap 1 tahun sekali Pengembangan struktur kurikulumnya menggabungkan 4 kurikulum yaitu kurikulum merdeka, kurikulum kementerian agama, kurikulum pondok pesantren serta kurikulum olimpiade. 2) Pengorganisasian inovasi kurikulum di MTs Negeri 1 Kebumen terbagi menjadi beberapa aspek yaitu program pembelajaran, struktur
kurikulum, muatan kurikulum dan alokasi waktu, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, mutasi siswa, dan penguatan pendidikan karakter. 3) Pelaksanaan kurikulum di MTs Negeri 1 Kebumen ketika pembelajaran di kelas diawali dengan kegiatan doa bersama, apersepsi serta kontrak belajar. Metode pembelajaran yang dipakai adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan game. Penanaman karakternya yaitu santun, kejujuran, pembiasaan keagamaan. 4) Evaluasi inovasi kurikulum secara umum terdiri dari penilaian input, proses, output dan outcame.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Inovasi Kurikulum, Manajemen Pengembangan kurikulum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:05
Last Modified: 09 Dec 2024 08:05
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item
View Item