ISLAMIC BOARDING SCHOOL SEBAGAI STRATEGI MEWUJUDKAN KARAKTER ISLAMI BAGI PESERTA DIDIK DI SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN

Ismail Riyanda, NIM : 2241039 (2024) ISLAMIC BOARDING SCHOOL SEBAGAI STRATEGI MEWUJUDKAN KARAKTER ISLAMI BAGI PESERTA DIDIK DI SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of REVISI TESIS - ISMAIL RIYANDA_NIM 2241039.pdf] Text
REVISI TESIS - ISMAIL RIYANDA_NIM 2241039.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Manajemen islamic boarding school adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan pendidikan dan kehidupan di asrama sekolah berasrama (boarding school) untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Karakter Islami adalah sifat-sifat yang terpuji yang dimiliki oleh seorang muslim yang berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Karakter Islami ini tercermin dalam perkataan, perbuatan, dan akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian adalah : (1) Mendiskripsikan serta menganalisa bagaimana manajemen pengelolaan Islamic Boarding School di SMP VIP Al Huda Kebumen. (2) Mendiskripsikan serta menganalisa strategi Islamic Boarding School SMP VIP Al Huda Kebumen dalam mewujudkan Karakter Islami bagi peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh guru, pengasuh pondok pesantren, serta arsip, dokumen dari sekolah dan pondok pesantren di SMP VIP Al-Huda Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) manajemen pengelolaan Islamic Boarding School di SMP VIP Al Huda Kebumen : a) dalam perencanaanya dilaksanakan dengan baik yang sudah didesain dengan konsep yang matang, hal ini dilihat dari keberadaan guru dan staf yang terampil dan berdedikasi yang memberikan dampak positif dalam penerapan strategi mewujudkan karakter Islami kepada peserta didik, (b) pada tahap pengorganisasian dilakukan dengan terstruktur dan sistematis dibuktikan dengan adanya susunan struktur organisasi yang jelas dan terkonsep dengan baik yang disesuai dengan kebutuhan yang ada, (3) pada tahap pelaksanaan manajemen pengelolaan islamic boardhing school sudah terlaksana dengan baik dibuktikan dengan garis koordinasi yang jelas dan tepat yang berimbas kepada peningkatan keimanan dan ketaqwaan peserta didik seperti peningkatan frekuensi ibadah wajib dan sunnah, minat dalam mempelajari ilmu agama, dan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, (4) pada tahap pengawasan sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan pengawasan langsung oleh kepala sekolah dan kepala pondok pesantren dengan cara melakukan supervisi terhadap guru, staf, ustadz/ustadzah di SMP VIP Al-Huda kebumen yang berdampak pada proses penanaman karakter islami peserta didik secara maksimal. (2) strategi Islamic Boarding School SMP VIP Al Huda Kebumen dalam mewujudkan Karakter Islami bagi peserta didik dibuktikan dalam aspek keimanan dan ketaqwaan peserta didik seperti peningkatan frekuensi ibadah wajib dan sunnah, minat dalam mempelajari ilmu agama, dan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, pengembangan kemandirian dan tanggung jawab seperti dalam mengurus keperluan pribadi, menyelesaikan tugas, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah dan penanaman jiwa sosial dan kepedulian melalui berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, sedekah, dan membantu orang lain yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Atim rinawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Islamic Boardhing School, Strategi, Karakter Islami
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2024 07:42
Last Modified: 09 Dec 2024 07:42
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item
View Item