Amaril Kholifah Fibrianti, NIM : 2241029 (2024) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP PGRI 1 SEMPOR. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
REVISI TESIS - AMARIL KHOLIFAH F.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Hakikat lembaga pendidikan sebagai penyedia jasa pendidikan adalah untuk memberikan layanan yang baik kepada pengguna jasa pendidikan. Tujuan dari marketing atau pemasaran adalah memberikan informasi tentang keunggulan dari layanan dan fasilitas suatu lembaga pendidikan kepada calon pengguna jasa pendidikan agar tertarik untuk menggunakan jasa pendidikan tersebut. Bauran pemasaran atau Marketing mix adalah strategi pemasaran barang yang di asosiasikan dengan jasa, sehingga umum digunakan oleh lembaga pendidikan sebagai strategi pemasaran dibidang jasa pendidikan untuk merespon persaingan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, SMP PGRI 1 Sempor menjalankan strategi pemasaran jasa pendidikan jenis marketing mix atau bauran pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan minat siswa baru. Sistem promosi yang diterapkan oleh SMP PGRI 1 Sempor adalah dengan dua cara promosi yaitu promosi langsung dan promosi tidak langsung. Segmentasi pasar yang dipilih oleh SMP PGRI 1 Sempor yaitu dengan mengelompokkan pasar pendidikan. SMP PGRI 1 Sempor dalam penerapan segmentasi pasar melibatkan seluruh stakeholder. Target pasar yang diterapkan di SMP PGRI 1 Sempor adalah dari sekolah SD/MI se-kecamatan Sempor dan sekitarnya, yang dinyatakan lulus baik negeri atau swasta. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, perbedaan yang signifikan antara SMP PGRI 1 Sempor dengan sekolah lain tergambar melalui keberadaan beberapa program Tambahan. SMP PGRI 1 Sempor membedakan dirinya dengan menghadirkan program-program inovatif seperti kelas VIP dan Reguler Ples (+), CIBI (Cinta Baca Indonesia), Bina Prestasi, dan kegiatan Moving Kelas.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:00 |
| Last Modified: | 02 Feb 2025 02:34 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1417 |
