Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Akademik di MTs Negeri 1 Banjarnegara (Kajian teori Edward Deming)

Saniati, NIM.2241012 (2024) Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Akademik di MTs Negeri 1 Banjarnegara (Kajian teori Edward Deming). Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of TESIS REVISI - SANIATI.pdf] Text
TESIS REVISI - SANIATI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Saniati, Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Akademik di MTs Negeri 1 Banjarnegara (Kajian Teori Edward Deming), Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2023. Tesis ini membahas tentang manajemen mutu pendidikan dalam peningkatan prestasi akademik di MTs Negeri 1 Banjarnegara (Kajian Teori Edward Deming). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1)
Bagaimana manajemen mutu pendidikan dalam peningkatan prestasi akademik teori Edward Deming? 2) Bagaimana prestasi akademik siswa di MTs Negeri 1 Banjarnegara melalui pelaksanaan teori Edward Deming (PDCA)?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara
dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Manajemen mutu pendidikan berdasarkan teori Edward Deming adalah sebagai berikut: a) Perencanaan (plan)
dilaksanakan dengan: penetapan visi, misi dan tujuan pendidikan, analisa pasar pendidikan, Analisis SWOT, Perencanaan program jangka pendek, menengah, dan panjang; b) Pelaksanaan (doing) dilaksanakan dengan melakukan: rapat
bulanan dan rapat tahunan, peningkatan pelayanan pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan siswa yang berbasis IPTEK, mengurangi sisa pekerjaan dan menghindari adanya pengerjaan ulang; c) Pemeriksaan/Evaluasi (check) yaitu
dengan: memonitor hasil dari perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategi, mengukur kinerja individu dan madrasah; d) Tindakan Perbaikan (act) yaitu dengan: meningkatkan mutu tenaga pendidik, mengalokasikan sumber daya manusia, mengembangkan budaya madrasah. 2) Peningkatan prestasi akademik siswa di MTs Negeri 1 Banjarnegara melalui pelaksanaan teori Edward Deming (PDCA) secara umum mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah siswa yang memiliki prestasi
baik akademik maupun non akademik, serta semakin meningkatnya lulusan MTs Negeri 1 Banjarnegara yang diterima di SMA/MA Negeri..

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Atim Rinawati,M.Pd
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2024 02:37
Last Modified: 08 Dec 2024 02:37
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item
View Item