Manajemen Pengembangan Budaya Sekolah Unggul di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegar

Widi Widayati,, NIM.2241015 (2024) Manajemen Pengembangan Budaya Sekolah Unggul di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegar. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of TESIS REVISI - WIDI WIDAYATI.pdf] Text
TESIS REVISI - WIDI WIDAYATI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Widi Widayati, Manajemen Pengembangan Budaya Sekolah Unggul di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara, Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAINU Kebumen, 2024. Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat. Budaya
sekolah dapat diartikan sebagai pembentukan karakter dan kepribadian yang dianut bersama warga sekolah untuk membedakan sekolah yang satu dengan sekolah yang lain. Dalam lembaga pendidikan, budaya sekolah akan menjadi kekuatan tersendiri. Nilai, kebiasaan dan sikap positif yang terdapat dalam budaya sekolah menjadi modal non-material yang kuat bagi terwujudnya sekolah unggul diera sekarang dan masa yang akan datang. Atas dasar kondisi tersebut, penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen pengembangan sekolah unggul yang meliputi: (1) Perencanaan. (2) Pengorganisasian. (3)
Pelaksanaan. (4) Pengawasan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan strategi validasi yang menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pengembangan budaya sekolah unggul di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara dilaksanakan melalui: Perencanaan, meliputi: 1) Evaluasi Diri Sekolah, 2) Mengidentifikasi kebutuhan dan Rumusan program, 3) Menyusun program,4) Menetapkan program, 5) Menyusun RKT dan RKAS. Pengorganisasian meliputi:
1) Penyusunan stuktur 2) Pembentukan pengurus 3) Pembagian Tugas. Pelaksanaan meliputi: 1) Bidang kurikulum meliputi keterpaduan ilmu pengetahuan/mata pelajaran dengan Al Quran dan atau Hadits. 2) Bidang Quran meliputi: Tahfidz, Muroja‟ah, Munaqosah Hafalan, ODOL (One Day One
Lembar), Tambahan Jam Qiroati, Ujian Kenaikan Jilid, Pra EBTAQ, EBTAQ. 3) Bidang BPI (Bina Pribadi Islam) meliputi: Materi BPI 2 JP, Mabit (malam bina iman dan taqwa), BPI peduli, dan Penanaman Nilai Nasionalisme, 4) Bidang
Kesiswaan meliputi: Penyambutan dan pemulangan siswa, Upacara bendera, Family Day, Home Visit, SMS/WA Ananda, Pendampingan saat Shalat dan Wudhu, Pembimbingan Siswa Berprestasi, Gardening, Out Bond, Field Trip,
Tadabur Alam, Batik for kids, PHBI dan PHBN (Peringatan hari besar Islam dan Peringatan hari besar nasional), Market Day, Fun cooking, Renang, Parenting Class, Sport Day, Science Day, Tarhib Ramadhan, Pesantren Ramadhan, Study
Tour, Medical Check Up, dan Ekstra kurikuler. 5) Bidang Pramuka meliputi: Latihan Rutin, Kemah Gugus Ranting dan Kemah Ukhuwah. Pengawasan meliputi: Pengawasan internal dan pengawasan eksternal

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Atim Rinawati.M.Pd
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2024 04:10
Last Modified: 05 Dec 2024 04:10
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item
View Item