Lukman Hakim, NIM.2241057 (2024) Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTs Al MukhtarAdipala Cilacap. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
REVISI MUNAQOSAH TESIS - LUKMAN HAKIM.pdf - Published Version
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Lukman Hakim NIM; 2241057 Manajemen Kesiswaan Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Mts Al Mukhtar Adipala Cilacap,Tesis Program Studi Pascasaarjana IAINU Kebumen,2024
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peran manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisplinan MTs Al Mukhtar Adipala kedisiplinan merupakan aspek penting dalam pendidikan yang mempengaruhi proses belajar mengajar serta
perkembangan karakter siswa manajemen kesiswaan yang efektif mencakup perencanaan , pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisplinan di MTs Al Mukhtar Adipala dan berbagai tujuan yang bertujuan untuk membentuk perilaku disiplin di MTs Al Mukhtar Adipala.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan teknik tersebut di analisis Adapun penelitian ini menggunakan analisis induktif penelitian. Karena analisis diambil dari hasil data observasi, wawancara dan dokumen kemudian baru dianalisis dan menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan verifikasi. Kesimpulan dari tesis ini ada empat tahapan pertama perencanaan yaitu dengan menganalisis situasi dan kondisi, menetapkan tujuan spesifik yang ingin dicapai menyusun rencana aksi yang terinci berdasarkan tujuan dan strategi yang telah ditetapkanMelaksanakan rencana aksi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, Tahap Kedua yaitu Pengorganisasian dilakukan dengan Kepala madrasah mengadakan rapat koordinasi dengan semua guru untuk membahas rencana dan target tahun ajaran baru, Kepala madrasah dan tim waka kurikulum
menyusun jadwal pelajaran yang mengatur waktu dan urutan mata pelajaran, Penyusunan program ekstrakulikuler, Persiapan materi pelajaran, Penyusunan
kebijakan madrasah, Pelatihan Kedisiplina siswa, Persiapan sarana dan prasarana. Tahap Ketiga pelaksanaan meliputi Pembinaan kedisiplinan di MTs Al Mukhtar di mulai sejak masa ta’aruf madrasah yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran, Penegakan aturan madrasah, Disiplin dalam berseragam, datang tepat waktu, dan
mengikuti KBM sesuai jadwal, kegiatan pengawasan, Kegiatan keagamaan, kegiatan konseling, kegiatan kepemimpinan siswa, Program Pendidikan AntiBullying, kegiatan evaluasi, Menganalisis program kesiswaan tinjau programprogram kesiswaan yang telah dilaksanakan,Mengumpulan data-data yang relevan, tahap keempat Evaluasi pelaksanaan bertugas meninjau pelaksanaan program kesiswaan, termasuk proses perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan
kegiatan, Evaluasi feedback, Perbaikan dan Rekomendasi Setelah mengevaluasi semua data dan umpan balik, identifikasi area yang diperbaiki dalam manajemen
kegiatan kesiswaan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr.Eliyanto,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 05 Dec 2024 03:08 |
| Last Modified: | 05 Dec 2024 03:08 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1404 |
