Badrun, NIM.2241091 (2024) Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Prestasi Lomba Porseni (Pekan Olahraga dan Seni ) di MTs Pesantren Pembangunan Majenang. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
REVISI MUNAQOSAH TESIS - BADRUN.pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Badrun, NIM: 2241091, Manajemen Mutu Terpadu dalam
Meningkatkan Prestasi Lomba Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) di MTs Pesantren Pembangunan Majenang, Tesis Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2024. Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapaan manajemen mutu terpadu di MTs Pesantren Pembangunan Majenang, Cilacap dalam kegiatan extrakurikuler, jenis penelitian deskriptip
kualitatif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembinaan extrakurikuler di MTs Pesantren Pembangunan Majenang, telah mengimplementasikan manajemen mutu terpadu sebagai penjamin kualitas dengan langkah:1. Perencanaan (plan) tahapannya: mengidentifikasi tujuan
dan sasaran, menganalisis kebutuhan dan sumber daya yang tersedia, menyusun perencanaan dan sasaran kegiatan, menyusun program kerja, metapkan standar kualitas, sosialisasi program kerja, evaluasi kegiatan secara
berkala, menyusun anggaran, 2. Pelaksanaan (do) meliputi; melaksanakan rencana kerja, koordinasi antar tim, pengelolaan sumber daya dan sarana ,
pemantauan pelaksanaan, memotivasi dan melakukan pembinaan, 3. Pemeriksaan (check) melakukan; penetapaan keriteria penilaiaan, penyusunan laporan, memberikan umpan balik, perbaikan dan pengembangan hasil, monitoring berkelanjutan, 4. Perbaikan / tindak lanjut (Act) yaitu; menganalisis hasil evaluasi, melakukan evaluasi lanjutan, pelaporan dan
umpan balik. Faktor pendukung: Faktor internal; tersedianya sarana prasarana, dukungan penuh madrasah, kerjasama yang solid, memiliki manajemen pengelolaan, semangat dan motifasi peserta. Faktor external; suasana lingkungan yang mendukung, dukungan dan dorongan dari orang tua, lingkungan pembelajaran nyaman dan menyenangkan,s arana dan prasarana
yang memadai. Faktor penghambat: Faktor internal; sarana prasarana, kurang memadai, pembina ektrakurikuler ketika ada halangan tidak ada penggantinya, peserta kurang disiplin. Faktor external; peserta kegiatan sebagian besar santri
yang terkait kegiataan di pesantren, waktu kegiatan kurang
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 03:26 |
| Last Modified: | 04 Dec 2024 03:26 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1401 |
