MANAJEMEN KOLABORASI MADRASAH DI MTS SULTAN AGUNG TLOGOSARI AYAH KEBUMEN

Heri Nofi Nuriyanto, NIM: 2241096 (2024) MANAJEMEN KOLABORASI MADRASAH DI MTS SULTAN AGUNG TLOGOSARI AYAH KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of TESIS-HERI NOFI NURIYANTO.pdf] Text
TESIS-HERI NOFI NURIYANTO.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan madrasah. Kondisi tersebut membutuhkan suatu manajemen kolaborasi madrasah di MTs Sultan Agung Tlogosari Ayah Kebumen. Manajemen kolaborasi madrasah adalah suatu proses pengelolaan madrasah yang melibatkan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen kolaborasi madrasah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kolaborasi madrasah di MTs Sultan Agung Tlogosari Ayah Kebumen. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Ansell and Gash dan metode triangulasi. Kerangka kerja Ansell and Gash terdiri dari empat elemen, yaitu kondisi awal, dialog antarmuka, pembangunan kepercayaan, dan hasil dan dampak kolaborasi. Metode triangulasi digunakan untuk memeriksa validitas dan reliabilitas data dengan menggunakan berbagai sumber, metode, dan peneliti. Penelitian ini dalam penyusunannya menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, komite madrasah, dan mitra kolaborasi madrasah (pemerintah desa). Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kolaborasi madrasah di MTs Sultan Agung Tlogosari Ayah Kebumen memiliki kondisi awal yang cukup mendukung, yaitu adanya kesadaran akan pentingnya kolaborasi, adanya insentif dan kendala yang seimbang, dan adanya asimetri sumber daya, kekuasaan, dan pengetahuan yang tidak terlalu besar. Proses kolaborasi madrasah dilakukan melalui dialog antarmuka yang intensif, pembangunan kepercayaan yang berkelanjutan, komitmen yang kuat, dan pemahaman bersama yang terbentuk. Hasil kolaborasi madrasah meliputi peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan sumber daya manusia, pengembangan kurikulum, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kesejahteraan, dan peningkatan citra madrasah. Dampak kolaborasi madrasah meliputi peningkatan kapasitas institusional, peningkatan kinerja organisasi, peningkatan kepuasan stakeholder, dan peningkatan legitimasi kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Benny Kurniawan.M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kolaborasi, Kolaborasi Madrasah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:02
Last Modified: 04 Dec 2024 03:02
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item
View Item