Eko Saifudin, NIM : 241077 (2024) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MA’ARIF NU 1 SUMPIUH BANYUMAS. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
TESIS-EKO SAIFUDIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Transformasi esensinya adalah mengubah potensi menjadi energi nyata. Kepala madrasah yang mampu melakukan transformasi kepemimpinan berarti dapat mengubah institusinya menjadi energi untuk meningkatkan mutu proses dan output Pendidikan. Penelitian ini bertujuan adalah (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan transformasioanal kepala madrasah di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Banyumas, dan (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis viiasya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan melalui kepemimpinan transformasional di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan paedagogis, manajemen dan teologis. Data primernya diperoleh dari kepala madrasah, guru, staf tata usaha, dan pihak-pihak terkait yang ada di madrasah serta Masyarakat yang selama ini membantu madrasah dalam pengembangan masyarakat sedangkan data sekundernya diperoleh dari buku-buku, internet, dan sumber lainnya yang dianggap relevan dengan permasalahan yang diteliti. Data dikumpulkan melalui Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan kepala MTs Ma’arif 1 NU Sumpiuh Banyumas dalam melaksanakan tugas pokok adalah pemimpin yang demokratis, indikasinya dapat dilihat dari penjabaran tugas pokok, strategi-strategi, aksi dan program-program madrasahyang aktif , dinamis dan terarah yang berusaha memanfaatkan setiap orang untuk kepentingan kemajuan dan perkembangan madrasah. Kepemimpinan Trsnsformasional kepala madrsah berdampak positif terhadap peningkatan mutu Pendidikan, walaupun masih ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki dan memerlukan strategi yang lebih baik dari kepala madrasah dalam pelaksanaan tugas pokoknya terutama dalam mengatasi masalah masih kurangnya minat viiasyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Banyumas. Implikasi akhir dari penelitian ini adalah pentingnya kepala madrasah sebagai pemimpin untuk senantiasa melaksanakan tugas pokoknya dengan maksimal agar terjadi peningkatan mutu Pendidikan di madrasah. Untuk kepentingan tersebut, kepala madrasah harus mampu memobilisasi sumber daya madrasah, dalam kaitanya dengan perencanaan dan evaluasi program madrasah, pengembangan kurikulum, pembelajaran, pengelolaan ketenagaan, sarana dan sumber belajar, keuangan, pelayanan siswa, madrasah dengan Masyarakat dan penciptaan iklim madrasah.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Benny Kurniawan, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Transformasioanal, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:40 |
| Last Modified: | 04 Dec 2024 02:40 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1396 |
