Manajemen Kurikulum Terpadu di MTs Nurul Iman Kesugihan Cilacap)

Muhammad Jamhari, NIM.2241055 (2024) Manajemen Kurikulum Terpadu di MTs Nurul Iman Kesugihan Cilacap). Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of REVISI MUNAQOSAH TESIS - MUHAMAD JAMHARI.pdf] Text
REVISI MUNAQOSAH TESIS - MUHAMAD JAMHARI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jamhari, Muhammad. 2024. Manajemen Kurikulum Terpadu di MTs Nurul Iman Kesugihan Cilacap).Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Terpadu, Kurikulum Madrasah, Kurikulum Pesantren.
Fenomena yang menjadi perhatian besar dalam kurikulum 2013 adalah merosotnya sikap moral masyarakat Indonesia belakangan ini. Kehidupan anakanak generasi milenial diabad ke-21 ini, berjam-jam anak bermain gadged dan game online. Dalam membentuk karakter atau akhlak mulia, Indonesia sudah sejak lama telah memiliki model pendidikan yang sukses membentuk karakter anak bangsa dalam sistem pendidikan “pesantren”. Oleh sebab itu, perpaduan pesantren ke dalam sistem pendidikan formal—seperti sekolah dan madrasah—menjadi penting untuk diterapkan
dewasa ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan perencanaan Manajemen kurikulum Madrasah Tepadu di MTs Nurul Iman Kesugihan
Cilacap. Kedua, untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Kurikulum Madrasah Terpadu di MTs Nurul Iman Kesugihan Cilacap dan ketiga, untuk mendeskripsikan
evaluasi . Manajemen Kurikulum Madrasah Terpadu di MTs Nurul Iman Kesugihan Cilacap Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan satuan analisis berupa kasus majemuk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Hasil dari penelitian di MTs Nurul Iman Kesugihan Cilacap ini adalah: 1) Perencanaan kurikulum Madrasah Terpadu di Nurul Iman Cilacap dilakukan dengan cara: a) menintegrasikan tujuan kurikulum, yaitu penyamaan visi pengembangan pengetahuan umum, agama, keterampilan dan akhlaqul karimah, dan b) mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum dengan penyandingan materi agama Islam dalam bidang pelajaran yang sama. 2) Pelaksanaan kurikulum madrasah Terpadu dilakukan dengan cara
keterpaduan program pelaksanaan kurikulum, yaitu menyatukan penggunaan kalender pendidikan dan rencana kegiatan akademik milik madrasah secara bersama. 3) Evaluasi kurikulum madrasah Terpadu di MTs Nurul Iman Cilacap dilakukan dengan cara: a) melakukan evaluasi konteks kurikulum bersama, yang meliputi: perkembangansosialbudaya, perkembangan IPTEK, perkembangan dunia kerja dan budaya pergaulan remaja,
b) melakukan evaluasi input bersama, yang meliputi: kompetensi tenaga pendidik, kesiapan peserta didik dan ketersediaan media/sarana belajar,c) melakukan evaluasi produk bersama, yang meliputi: evaluasi tengah tahun dan evaluasi akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr.Sudadi,M.Pd.I
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:11
Last Modified: 04 Dec 2024 02:11
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item
View Item