MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MTSN 1 KEBUMEN

Arif Nur Chakim, NIM: 2241078 (2024) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MTSN 1 KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of TESIS-ARIF NUR CHAKIM.pdf] Text
TESIS-ARIF NUR CHAKIM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merdeka memberikan solusi permasalahan di satuan pendidikan. Dalam Platform kurikulum merdeka terdapat pembelajaran terdiferensiasi, artinya bahwa peserta didik mendapatkan pengajaran sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Pendidik tidak diperkenankan menyamaratakan kemampuan siswa. Tentu karena setiap siswa mempunyai tahapan kemampuan dan tugas perkembangan yang berbeda juga. Di saat yang sama, lembaga dituntut untuk meningkatkan mutu. Mutu pendidikan menyangkut empat hal yaitu masukan, proses, keluaran dan kebermanfaatan. Input dikatakan bermutu jika siap berproses. Proses itu bermutu apabila aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Output itu bermutu jika hasil belajar siswa tinggi. Outcome bermutu jika terserap di dunia kerja dengan gaji yang wajar, semua pihak mengakui dan merasa puas. MTs Negeri 1 Kebumen adalah sekolah yang paling maju dan berkembang cukup pesat. Bahkan merupakan MTs terfavorit di Kabupaten Kebumen, sehingga masih menjadi pilihan pertama bagi para calon siswa untuk mendaftar sekolah. Bukan karena sebagai sekolah negeri, tetapi lebih karena komitmen pada upaya peningkatan mutu pendidikan. Permasalahannya adalah bagaimana konsep perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Teori pada penelitian ini menggunakan grand teori dari George Terry. Menurut Terry dalam Syafaruddin, fungsi manajemen terdiri dari: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini disebut penelitian deskriptif karena penelitian ini bersifat mendeskripsikan atau menggambarkan objek penelitian. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, yaitu pada bulan Agustus dan Desember 2023. Penelitian ini, data-data yang diperlukan dikumpulkan menggunakan teknik atau metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu upaya mengadakan pengecekan kembali terhadap kebenaran data dan penafsirannya yang dilakukan melalui cara lain, yaitu melakukan pengumpulan data yang sama menggunakan instrumen lain. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Gambaran Perencanaan antara lain bahwa visi MTs Negeri 1 Kebumen adalah religius, credas, terampil, unggul dan berwawasan lingkungan. Visi dijabarkan dalam kurikulum yang disebut dengan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) MTs Negeri 1 Kebumen. dalam KOM terdapat struktur kurikulum yang terdiri dari intrakurikuler, muatan lokal dan layanan tambahan yang lebih banyak dari madrasah lain. Pada pengorganisasian menggunakan model sentralistik dan kepanitian berdasarkan minat dan kemampuan. Pada Pelaksanaan menggunakan sistem supervisi dan pendampingan langsung. Pada evaluasi langsung menggunakan pengecekan berkala, evaluasi dalam rapat dan portofolio.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Benny Kurniawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka, pembelajaran diferensiasi, mutu, KOM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:06
Last Modified: 04 Dec 2024 02:06
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item
View Item