Sugeng Riyadi, NIM.2241066 (2024) Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di Man 1 Cilacap. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
REVISI MUNAQOSAH TESIS - SUGENG RIYADI.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Abstrak
Sugeng Riyadi, NIM: 2241066, Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di Man 1 Cilacap, Tesis, Program pascasarjana IAINU Kebumen, 2024
Manajemen dalam sebuah organisasi menempati posisi strategis dalam keseluruhan proses pendidikan. Manajemen itu memberikan kejelasan arah dalam usaha proses
penyelenggaraan pendidikan, sehingga manajemen lembaga pendidikan akan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efesien. Untuk itu diperlukan sesosok pemimpin pendidikan atau kepala madrasah yang mampu meningkatkan prestasi
akademik dan Non Akademik. Tujuan Penelitian ini adalah:
(1) untuk mendeskripsikan bagaimana formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik dan Non Akademik pada MAN 1 Cilacap, (2) Untuk mengetahui implementasi Kepala Madrasah dalam menyelesaikan berbagai
kendala dalam meningkatkan prestasi akademik dan Non Akademik siswa pada MAN 1 Cilacap, (3) Untuk mengenalisis evaluasi strategi tentang faktor-faktor apa
saja yang menjadi penentu dalam meningkatkan prestasi akademik Non Akademik siswa pada MAN 1 Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primernya yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, peserta didik dan pendidik. Analisis data menempuh tiga langkah yaitu reduksi data, display dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menemukan : (1) manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan
prestasi akademik peserta didik adalah menyusun konsep yang jelas dan terperinci serta mudah dilaksanakan. Tahapannya adalah menyusun perencanaan, melakukan seleksi, melakukan pembinaan, memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk
berkarya dan memberikan hasil terbaik dengan cari menunjang bekaldan pelatihan extra kepada calon peserta didik berpresta baik jalur prestasi dan non prestasi akademik. (2) upaya kepala madrasah dalam menyelesaikan berbagai kendala
dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik adalah memperkuat kesolidan guru, membuat program yang berbeda, menjalin komunikasi yang efektif, melengkapi sarana dan prasarana, kepala madrasah membuat kebijakan, progam
dan kegitan. (3) faktor- faktor yang yang menjadi penentu dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik adalah faktor internal kebersamaan antar tenaga
pendidik, kekeluargaan diantara civitas akademik untuk pembahasan kendala-kendala kecil (Rpat), mencari problem solving bersama agar kualitas pelayanan terhadap meningkatkan prestasi peserta didik semakin prima, memantau
dan melaporkan keadaan peserta didik dan faktor eksternal meliputi dukungan madrasa, networking, sarana prasarana, guru tambahan (Coach)
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sudadi,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:27 |
| Last Modified: | 03 Dec 2024 04:27 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1385 |
