Widi Widayati, NIM : 2241015 (2024) MANAJEMEN PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH UNGGUL DI SDIT MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
TESIS REVISI - WIDI WIDAYATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat. Budaya sekolah dapat diartikan sebagai pembentukan karakter dan kepribadian yang dianut bersama warga sekolah untuk membedakan sekolah yang satu dengan sekolah yang lain. Dalam lembaga pendidikan, budaya sekolah akan menjadi kekuatan tersendiri. Nilai, kebiasaan dan sikap positif yang terdapat dalam budaya sekolah menjadi modal non-material yang kuat bagi terwujudnya sekolah unggul diera sekarang dan masa yang akan datang. Atas dasar kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen pengembangan sekolah unggul yang meliputi: (1) Perencanaan. (2) pengorganisasian. (3) Pelaksanaan. (4) Pengawasan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan strategi validasi yang menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pengembangan budaya sekolah unggul di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara dilaksanakan melalui: Perencanaan, meliputi: 1) Evaluasi Diri Sekolah, 2) Mengidentifikasi kebutuhan dan Rumusan program, 3) Menyusun program,4) Menetapkan program, 5) Menyusun RKT dan RKAS. Pengorganisasian meliputi: 1) Penyusunan stuktur 2) Pembentukan pengurus 3) Pembagian Tugas. Pelaksanaan meliputi: 1) Bidang kurikulum meliputi keterpaduan ilmu pengetahuan/mata pelajaran dengan Al Quran dan atau Hadits. 2) Bidang Quran meliputi: Tahfidz, Muroja‟ah, Munaqosah Hafalan, ODOL (One Day One Lembar), Tambahan Jam Qiroati, Ujian Kenaikan Jilid, Pra EBTAQ, EBTAQ. 3) Bidang BPI (Bina Pribadi Islam) meliputi: Materi BPI 2 JP, Mabit (malam bina iman dan taqwa), BPI peduli, dan Penanaman Nilai Nasionalisme, 4) Bidang Kesiswaan meliputi: Penyambutan dan pemulangan siswa, Upacara bendera, Family Day, Home Visit, SMS/WA Ananda, Pendampingan saat Shalat dan Wudhu, Pembimbingan Siswa Berprestasi, Gardening, Out Bond, Field Trip, Tadabur Alam, Batik for kids, PHBI dan PHBN (Peringatan hari besar Islam dan Peringatan hari besar nasional), Market Day, Fun cooking, Renang, Parenting Class, Sport Day, Science Day, Tarhib Ramadhan, Pesantren Ramadhan, Study Tour, Medical Check Up, dan Ekstra kurikuler. 5) Bidang Pramuka meliputi: Latihan Rutin, Kemah Gugus Ranting dan Kemah Ukhuwah. Pengawasan meliputi: Pengawasan internal dan pengawasan eksternal.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Atim Rinawati,.M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Budaya Sekolah, Unggul |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 03 Dec 2024 03:23 |
| Last Modified: | 03 Dec 2024 03:23 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1383 |
