STRATEGI MARKETING PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH COKROAMINOTO KARANGKEMIRI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA

Sigit Lumaksono, NIM : 2241006 (2024) STRATEGI MARKETING PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH COKROAMINOTO KARANGKEMIRI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of TESIS REVISI - SIGIT LUMAKSONO.pdf] Text
TESIS REVISI - SIGIT LUMAKSONO.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang strategi marketing pendidikan untuk meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Karangkemiri Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana identifikasi pasar dalam meningkatkan minat masyarakat? 2) Bagaimana segmentasi pasar dalam meningkatkan minat masyarakat? 3) Bagaimana target pasar dalam meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Karangkemiri kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara? 4) Bagaimana positioning dalam meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Karangkemiri kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Identifikasi pasar dalam meningkatkan minat masyarakat yang dilakukan adalah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan, serta melihat kompetitor atau pesaing lembaga pendidikan yang setingkat; 2) Segmentasi pasar meningkatkan minat masyarakat terdiri dari empat segmentasi yaitu; a) Segmentasi Demografi; b) Segmentasi Geografis; c) Segmentasi Psikografi; d) Segmentasi Manfaat: 3)
target pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan minat masyarakat adalah masyarakat yang telah lulus dari pendidikan anak usia dini yaitu TK/RA yang berada di sekitar madrasah tersebut; 4) Positioning pemasaran dalam meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Karangkemiri Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara adalah memiliki keunggulan untuk ditawarkan ke masyarakat berupa program pembiasaan dan ekstrakulikuler yang setiap tahunnya selalu di tingkatkan untuk mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa-siswanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Umi Arifah, M.M.
Uncontrolled Keywords: strategi, manajemen, minat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:13
Last Modified: 03 Dec 2024 03:13
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item
View Item