MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs ANDALUSIA BANJARNEGARA

Ahmad Munir Effendi, NIM. 2241011 (2024) MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs ANDALUSIA BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of TESIS REVISI - AHMAD MUNIR EFENDI.pdf] Text
TESIS REVISI - AHMAD MUNIR EFENDI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sehubungan dengan peningkatan mutu pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan. Hal itu disebabkan adanya proses manajemen strategis yang diterapkan dalam pengelolaan pendidikan sehingga lembaga pendidikan dapat meningkatkan mutu pembelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat mutu pembelajaran di MTs Andalusia Banjarnegara, proses manajemen strategis yang dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di MTs Andalusia Banjarnegara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan flow model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Andalusia Banjarnegara pengelola madrasah membuat manajemen strategis, yaitu: (1) Perencanaan strategis, esensi perencanaan sebagai proses strategis kepemimpinan adalah pengambilan keputusan dengan memilah dan memilih alternatif kegiatan yang akan dilaksanakan agar usaha mencapai tujuan berlangsung efektif dan efisien. (2) Pelaksanaan strategis, merupakan implementasi dari tahap perencanaan. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu menentukan kebijakan madrasah, motivasi pendidik dan tenaga kependidikan, mengalokasikan sumber daya manusia dan budaya madrasah yang mendukung strategis. (3) Evaluasi strategis, proses evaluasi strategis dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Andalusia Banjarnegara terbagi tiga tahap yaitu monitoring seluruh hasil perencanaan dan pelaksanaan, mengukur kinerja individu dan madrasah serta mengambil langkah perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Umi Arifah, M.M.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis, Peningkatan Mutu Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:19
Last Modified: 03 Dec 2024 02:19
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item
View Item