Imam Budiyanto, NIM. 2241002 (2024) STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MTs NEGERI 1 BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
TESIS - IMAM BUDIYANTO.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Tesis ini membahas tentang strategi promosi pendidikan yang dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap MTs Negeri 1 Banjarnegara. Media promosi yang bervariasi, menarik, informatif, dan persuasif menimbulkan rasa tertarik para calon siswa untuk memutuskan MTs Negeri 1 Banjarnegara sebagai sekolah lanjutan mereka, dengan media promosi ini dari tahun ketahun jumlah siswa yang mendaftar semakin banyak. Hal ini yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi promosi pendidikan yang dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap MTs Negeri 1 Banjarnegara? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan dengan beberapa tahapan antara lain pertama, melakukan rapat bersama kepala madrasah, kepala yayasan, serta semua guru di MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk membentuk panitia pelaksana promosi; 2) Pelaksanaan promosi yang dijalankan oleh MTs Negeri 1 Banjarnegara setelah pembentukan kepanitiaan setiap panitia wajib bergerak termasuk ketua yayasan, kepala madrasah dan semua guru serta siswa dan masyarakat juga ikut untuk mempromosikan madrasah. 3) Evaluasi dilakukan dengan mengawasi pelaksanaan promosi yang dijalankan dan perbaikan diakhir pelaksanaan kegiatan promosi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Umi Arifah, S.Pd.I., M.M. |
| Uncontrolled Keywords: | strategi, promosi, minat |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:37 |
| Last Modified: | 02 Dec 2024 06:37 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1368 |
