MANAJEMEN PELAYANAN PEMUSTAKA DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KEBUMEN

NOVAL BERLIANANDA ARIXSON, NIM. 2013244 (2024) MANAJEMEN PELAYANAN PEMUSTAKA DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KEBUMEN. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2 . BAB I.pdf]
Preview
Text
2 . BAB I.pdf - Published Version

Download (971kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (965kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah untuk memahami manajemen pelayanan pemustaka di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen dan untuk memahami faktor pendukung dan penghambat manajemen pelayanan pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, maka penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Dengan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah kepala bidang perpustakaan, dan pemustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen pelayanan pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen masih kurang baik. Dalam perencanaan segi kualitas buku masih dianggap kurang memuaskan karena banyak yang tidak diperbarui, dalam pengorganisasian SDM yang masih kurang cepat dalam memberikan layanan, dalam penggerakan Pengarahan yang diberikan melalui rapat kerja atau rapat internal untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan, dalam pengawasan dilakukan secara lisan dan secara tulisan dengan laporan yang kemudian akan dievaluasi, dan dalam prinsip pelayanan penerapan SOP proses pembuatan kartu anggota baru belum sepenuhnya konsisten dengan prosedur yang ditetapkan. Faktor Pendukung dalam manajemen pelayanan pesmustaka yaitu adanya layanan baca di tempat layanan referensi layanan penelusuran buku lewat OPAC, layanan ekstensi (perpustakaan keliling, pojok baca digital, dll.) layanan komputer dan internet gratis layanan wifi corner layanan sirkulasi (peminjaman & pengembalian buku) layanan anak (indoor dan outdoor) layanan difabel corner. Faktor penghambat dalam manajemen layanan pemustaka yaitu kurangnya sumber daya manusia pada posisi fungsional pustakawan dan kelalaian petugas karena selalu terjadi pergantian personel padahal pelayanan harus tetap dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Agus Nur Soleh, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan, Pemustaka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2024 02:20
Last Modified: 10 Nov 2024 02:20
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item
View Item