Implementasi Metode Pembelajaran Kitab Kuning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Donosari

Misbakhul Munir, NIM.20117003 (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Kitab Kuning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Donosari. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of BAGIAN AWAL MUNIR.pdf]
Preview
Text
BAGIAN AWAL MUNIR.pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Misbakhul Munir. 20117003. Implementasi Metode Pembelajaran Kitab Kuning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Donosari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Pembelajaran Kitab Kuning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Donosari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah dewan asatidz Madrasah Diniyyah Nurul Hidayah Donosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode kitab kuning melalui kombinasi beberapa metode santri-santri menjadi mengenal pelajaran kitab
kuning dan menambah pengetahuan, pengalaman membaca arab pegon dan santri bisa menambah perbendaharaan kata dari bahasa arab yang terkandung didalm kitab Safinah dan Mandzumah lewat metode hafalan, santri yang notabenya tinggal di desa bisa merasakan pelajaran khas para santri yang di pondok pesantren, disamping itu dari aura kesakralan kitab kuning bisa meningkatkan karakter yang berakhlakul karimah. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kompetensi dewan asatidz Madrasah Diniyyah Nurul Hidayah dalam mengembangkan pembelajaran kitab kuning yang lebih inovatif dan kreatif, serta pentingnya dukungan dari, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan generasi yang berilmu dan berakhlakul
karimah. Kata kunci: Implementasi, Kitab Kuning, Madrasah Diniyyah Nurul Hidayah Donosari,

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr.H.Bahrul Ilmie,S.Ag.,M.Hum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:44
Last Modified: 07 Nov 2024 03:44
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item
View Item