Manajemen Pengelolaan Tahfidzul Qur‟an dengan Metode Yanbu‟a pada Santri TPQ Ibrahimy Langse Karangsambung Kebumen

Fatatun Afifah, NIM. 1913193 (2023) Manajemen Pengelolaan Tahfidzul Qur‟an dengan Metode Yanbu‟a pada Santri TPQ Ibrahimy Langse Karangsambung Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pengelolaan Tahfidzul Qur‟an dengan metode Yanbu‟a pada TPQ Ibrahimy Langse, menganalisis penerapan metode Yanbu‟a pada santri TPQ Ibrahimy Langse dan menganalisis faktor penghambat juga faktor pendukung manajemen Tahfidzul Qur‟an dengan metode Yanbu‟a. penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian manajemen pengelolaan tahfidzul Qur‟an dengan metode Yanbu‟a di TPQ Ibrahimy Langse sudah berjalan dengan baik dan efektifkarena menggunakan fungsi manajemen mulai dari perencanaaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Selanjutnya penerapan metode Yanbu‟a di TPQ Ibrahimy Langse dimulai dengan pengucapan salam, membaca Al-Fatihah, muroja‟ah bersama-sama, menghafal do‟a harian, kegitan menulis dan membaca Al-Qur‟an secara Individu, do‟a selesai mengaji. Faktor penghambat penerapan metode Yanbu‟a terdiri dari: faktor internal yang meliputi sarana prasarana yang belum lengkap, tingkat kecerdasan anak yang berbeda-beda, kondisi anak. faktor eksternal yaitu kerjasama orangtua dan lingkungan rumah. Sedangkan faktor pendukung dalam penerapan Metode Yanbu‟a di TPQ Ibrahimy Langse terdiri dari: faktor internal meliputi Visi dan misi TPQ yang mendukung, assatidz yang sudah bersyahadah, dukungan sarana dan prasarana,motivasi belajar. sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan belajar yang baik dan orangtua yang aktif dalam perkembangan santri.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Agus Nur Soleh, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Tahfidzhul Qur’an, Metode Yanbu’a
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2024 03:08
Last Modified: 26 Oct 2024 03:08
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item
View Item