Studi Analisis program Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Meningkatkan Rasa Empati Peserta Didik Sekolah Dasar (SD) Islam Al-Hikmah Sempor

Yanuariva Agiel Savitri, NIM.20117020 (2024) Studi Analisis program Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Meningkatkan Rasa Empati Peserta Didik Sekolah Dasar (SD) Islam Al-Hikmah Sempor. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of B. AWAL SKRIPSI ALIFIA.pdf]
Preview
Text
B. AWAL SKRIPSI ALIFIA.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yanuariva Agiel Savitri. 20117020. Studi Analisis program Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Meningkatkan Rasa Empati Peserta Didik Sekolah Dasar (SD) Islam Al-Hikmah Sempor.
Tujuan Penelitian adalah: (1) Menganalisis penerapan program Bina Pribadi Islam (BPI) di SD Islam Al-Hikmah Sempor berkontribusi pada peningkatan rasa empati peserta didik; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam memengaruhi program Bina Pribadi Islam (BPI) terhadap peningkatan rasa empati peserta didik
Penelitian ini berupa penelitian Kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, Guru Pembina BPI, serta Kepala Sekolah SD Islam Al-Hikmah Sempor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan
pendekatan penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian penelitian ini menganalisis penerapan program Bina Pribadi Islam (BPI), faktor pendukung, dan penghambatnya. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa program BPI berhasil meningkatkan rasa empati peserta didik melalui pembinaan karakter, pembiasaan kegiatan positif, dan keteladanan dapat menjadi model yang efektif dalam mengembangkan karakter peserta didik. Keberhasilan ini
mengindikasikan bahwa program BPI dapat menjadi model yang efektif dalam mengembangkan karakter peserta didik yang berempati. Penelitian ini juga
menyoroti pentingnya peran lingkungan sekolah, keluarga, dan guru dalam mendukung keberhasilan program. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting bagi program pendidikan karakter empati di sekolah-sekolah lain. Hal ini
dibuktikan dari perkembangan sikap empati yang signifikan di antara peserta didik Kelas IV A dan IV B selama Tahun Pelajaran 2023/2024, yang menunjukkan hasil
yang sesuai dengan harapan

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto,S.Pd.I.,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:19
Last Modified: 24 Oct 2024 03:19
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item