Afngal Ridwan Santri, NIM. 2211159 (2025) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA PK MA’ARIF 01 KEBUMEN. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
Skripsi_2211159_Afngal Ridwan Santri_Awal.pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi_2211159_Afngal Ridwan Santri_BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB)
Skripsi_2211159_Afngal Ridwan Santri_BAB II.pdf - Published Version
Download (565kB)
Skripsi_2211159_Afngal Ridwan Santri_BAB III.pdf - Published Version
Download (442kB)
Skripsi_2211159_Afngal Ridwan Santri_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Skripsi_2211159_Afngal Ridwan Santri_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB)
Skripsi_2211159_Afngal Ridwan Santri_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (237kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diterapkan dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa di MA
PK Ma’arif 01 Kebumen. Latar belakang penelitian ini muncul dari tuntutan era digital
yang menuntut pembelajaran agama disampaikan secara lebih kontekstual, inovatif,
dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru, siswa, serta pihak manajemen
madrasah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berpengaruh
positif terhadap peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Pemanfaatan
berbagai media digital seperti video pembelajaran, aplikasi daring, serta media
interaktif terbukti mampu menumbuhkan minat, meningkatkan pemahaman, dan
memperkuat keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Inovasi
tersebut juga menjadikan materi keagamaan lebih mudah dipahami karena disajikan
dengan cara yang menarik dan kontekstual dengan kehidupan sehari-hari.
Meskipun penerapan TIK dalam pembelajaran PAI telah memberikan dampak
positif terhadap peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa, pelaksanaannya
belum sepenuhnya optimal. Hambatan utama meliputi keterbatasan fasilitas, rendahnya
kompetensi guru dalam penggunaan teknologi, serta minimnya konten digital Islami
yang relevan. Oleh karena itu, keberhasilan implementasi TIK sangat bergantung pada
kesiapan sarana, peningkatan kemampuan pendidik, dan dukungan madrasah dalam
mengembangkan pembelajaran yang adaptif terhadap kemajuan teknologi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : Dr. Eliyanto, S.Pd.I.,M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan AgamaNIslam, Hasil pembelajaran, MA PK Ma’arif 01 Kebumen |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 02:55 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 02:55 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/11 |
