Manajemen Pengembangan Bakat pada Disabilitas Tunarungu di SMA LB Negeri Tamanwinangun Kebumen

Siti Nur Khasanah, NIM.1913184 and Agus Salim Chamidi, M.Pd.I, . (2023) Manajemen Pengembangan Bakat pada Disabilitas Tunarungu di SMA LB Negeri Tamanwinangun Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (584kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Nur Khasanah, 1913184. Manajemen Pengembangan Bakat pada Disabilitas Tunarungu di SMA LB Negeri Tamanwinangun Kebumen. Latar belakang penelitian ini adalah SMA LB Negeri Tamanwinangun merupakan satu-satunya sekolah negeri luar biasa di kabupaten kebumen yang memiliki tujuh bidang keterampilan untuk meng-cover pengembangan bakat peserta didik yang berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengembangan bakat mulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses evaluasi dalam pengembangan bakat peserta didik
tunarungu di SMA LB Negeri Tamanwinangun Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Pembimbing bidang keterampilan, dan peserta didik tunarungu SMA LB Negeri
Tamanwinangun Kebumen. Tehnik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancar, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang
digunakan adalah teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen
pengembangan bakat pada disabilitas tunarungu di SMA LB Negeri Tamanwinangun Kebumen yaitu : 1) Proses perencanaan dilaksanakan pada saat rapat tahunan. Proses perencaan pengembangan bakat disabilitas tunarungu
meliputi perencanaan pembagian pembimbing bidang keterampilan, perencanaan spenyusunan program kerja oleh masing-masing guru pembimbing bidang keterampilan, perencanaan dana sarana dan prasarana, dan perencanaan kegiatan evaluasi. 2) Proses pengorganisasian dilakukan langsung oleh kepala sekolah terkait pembagian guru pembimbing bidang keterampilan dengan
mempertimbangkan minat dan bakat dari masing-masing guru pembimbing. Setelah itu, dilakukan pelatihan untuk masing-masing guru pembimbing bidang keterampilan tersebut. 3) Proses pelaksanaan pengembangan bakat peserta didik
tunarungu diawali dengan mengidentifikasi bakat peserta didik dengan membagikan angket dan mempertimbangan kemampuan peserta didik, setelah itu masing-masing peserta didik dikelompokan sesuai dengan bidang keterampilan
yang sudah dipilih. Proses ini dilaksanakan pada setiap hari Selasa dan Rabu pada pukul 07.30 sampai dengan 14.00 WIB dan dilaksanakan diruang bidang keterampilan masing-masing. Metode yang digunakan dalam pengembangan bakat menggunakan metode pendekatan personal dengan bahasa isyarat sederhana. 4) Proses evaluasi yang dilakukan oleh pihak sekolah menggunakan dua meode, yaitu metode pengamatan dan metode pengukuran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Agus Salim Chamidi, M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:21
Last Modified: 23 Oct 2023 03:21
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item
View Item