IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SARISWARA UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JAWA KRAMA INGGIL PADA SISWA KELAS III MI DARUSSALAM TERSOBO

AnisaNurWahida, NIM .1912866 and Atim Rinawati, M.Pd, . (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SARISWARA UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JAWA KRAMA INGGIL PADA SISWA KELAS III MI DARUSSALAM TERSOBO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of FILE I.pdf] Text
FILE I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of FILE II BAB II.pdf] Text
FILE II BAB II.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of FILE III BAB III.pdf] Text
FILE III BAB III.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of FILE IV BAB IV.pdf] Text
FILE IV BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of FILE V BAB V.pdf] Text
FILE V BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK
AnisaNurWahida.1912866. Implementasi Metode Pembelajaran Sariswara Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Jawa Krama Inggil Pada Siswa Kelas III Mi Darussalam Tersobo
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan mekanisme implementasi metode sariswara pada siswa kelas III MI Darussalam Tersobo, (2) untuk Mendeskripsikan implementasi metode sariswara untuk meningkatkan
kosakata bahasa Jawa krama inggil pada siswa kelas III MI Darussalam Tersobo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitia ini adalah Kepala Sekolah MI
Darussalam Tersobo, wali kelas III, dan seluruh siswa kelas III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) mekanisme metode pembelajaran sariswara pada siswa kelas III MI Darussalam tersobo (a) koordinasi dengan guru (b) pelaksanaan pre-test (c) perencanaan pembelajaran (d) pelaksanaan metode sariswara meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan
penutup (e) evaluasi (post-test) (2) Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode sariswara, kosakata bahasa Jawa krama inggil yang dimiliki siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari nilai post-test yang mengalami peningkatan, pada pre-test nilai rata-rata kelas adalah 24,5 dan pada post-test nilai rata-rata siswa adalah 70,1

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Atim Rinawati, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:53
Last Modified: 18 Oct 2023 04:53
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item
View Item