M. Aziz Maghfuri, 1912871 and Agus Salim Chamidi, M.Pd.I, 2102026601 (2023) Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berakhlak Mulia di Kelas IV SD Negeri Mengkowo. Other thesis, IAINU Kebumen.
COVER REVISI1.pdf - Published Version
Download (558kB)
BAB i.pdf - Published Version
Download (225kB)
BAB ii.pdf - Published Version
Download (271kB)
BAB iii.pdf - Published Version
Download (220kB)
BAB iv.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
BAB v.pdf - Published Version
Download (94kB)
DAPUS.pdf - Published Version
Download (171kB)
Abstract
Ada tiga tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan Profil Pelajar Pancasila pada elemen berakhlak mulia di kelas IV SD N Mengkowo, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan Profil Pelajar Pancasila elemen berakhlak mulia di kelas IV SD N Mengkowo dan (3) Untuk mengetahui implikasi penerapan Profil Pelajar Pancasila elemen berakhlak mulia di kelas IV SD N Mengkowo bagi pengembangan kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa kelas empat, dan analisis dokumen terkait. Analisis yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis data yang digunankan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Profil Pelajar Pancasila telah dampak positif bagi perkembangan perilaku dan katakter peserta didik. Beberapa faktor yang mempengaruhi penerpan Profil Pelajar Pancasila antara lain (1) Peran guru, (2) Visi dan misi sekolah, (3) Peran keluarga, dan (4) Peran masyrakat, (4) Kesadaran dan motivasi anak. Untuk mencpai hasil positif ada beberapa setrategi yang dilakukan di SD N Mengkowo yaitu: (1) Kegiatan Pembiasaan harian, (2) kegiatan terprogram, dan (3) kegiatan spontan. Kegiatan-kegaitan tersebut akan membiasakan anak untuk bertingkah laku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Implikasi dari penerapan Profil Pelajar Pancasila adalah (1) Peserta didik menjadi bisa bersosialisasi dengan masyarakat, (2) Peserta didik mudah bersosialisasi dengan siapa saja namun tetap tahu batasan, dan (3) Peserta didik menjadi memiliki karakter baik yang bisa untuk bekal di masa depan. Hasil penepan Profil Pelajar Pancasila sangat dipengaruhi peserta didik itu sendiri jika memiliki kesadaran betapa pentingnya karakter baik maka akan berdampak positif dan sebaliknya jika tidak ada kesadaran maka penerapan Profil Pelajar Pancasila kurang berdampak positif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Agus Salim Chamidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila, Berakhlak Mulia, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 07:36 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 07:36 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/966 |