Proses Pembelajaran kitab Syifaul Jinan di Madrasah Roudlotul Huda Jetis Kutosari

Sinta Nur Halimah, 1912880 and Dr. Benny Kurniawan, M.Pd.I, 2123027201 (2023) Proses Pembelajaran kitab Syifaul Jinan di Madrasah Roudlotul Huda Jetis Kutosari. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (801kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (233kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (133kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran kitab Syifaul Jinan di Madrasah Roudlotul Huda Jetis Kutosari (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Syifaul Jinan di madrasah roudlotul huda jetis kutosari. (3) Untuk mengetahui kenapa kitab Syifaul Jinan menjadi rujukan pembelajaran di Madrasah Roudlotul Huda Jetis Kutosari Penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa data observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Pondok Pesantren Al- Huda Jetis Kutosari. Kemudian teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya 1) mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardu kifayah karena untuk menjaga kesalahan-kesalahan dalam pembacaan Al-Qur’an selain untuk menjaga dari kesalahan juga untuk menjamin keorisilitasan Al-Qur’an oleh sebab itu mempelajari ilmu tajwid sangatlah penting. 2) faktor yang mempengaruhi santri dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an yaitu adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu mudahnya santri ketika diatur dan adanya kesadaran diri dalam belajar, faktor penghambat yaitu adanya lingkungan yang kurang memadai dan kurang mendukung untuk belajar memahami bacaan Al-Qur’an. 3) Kitab Syifaul Jinan menjadi rujukan pembelajaran karena merupakan kitab dasar yang harus diketahui sebelum belajar Al-Qur’an dan di Madrasah Roudlotul Huda tidak menggunakan Thuhfatul Athfal atau sebagainya dikarenakan sejak awal di pesantren Al-Huda
tidak menggunakan kitab tajwid selain Syifaul Jinan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Benny Kurniawan, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Syifaul Jinan, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:11
Last Modified: 17 Oct 2023 03:11
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item
View Item