Sefi Setiawan, NIM.17116304 and Benny Kurniawan, M.Pd.I, NIDN.2110068702 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs SEMBADA KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (975kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (325kB)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (11kB)
Abstract
ABSTRAK
Sefi Setiawan.17116304. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Sembada Karanggayam
Kabupaten Kebumen”.
Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan perilaku seseorang atau
sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran
dan pelatihan. Pendidikan baisanya disebut dengan pengajaran/pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk, untuk mengetahuimotivasi belajar siswa kelas VII
MTs Sembada Karanggayam Kabupaten Kebumen, untuk mengetahui peran guru
pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa kelas VII MTs Sembada
Karanggayam Kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di
MTs Sembada Karanggayam kabupaten Kebumen. Sumber data yang digunakan
adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode
wawancara.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara observasi bahwa
Motivasi belajar siswa kelas VII MTs Sembada Karanggayam Kebumen terlihat
masih kurang memperhatikan kegiatan belajar mengajar. Mengobrol sendiri dengan
teman sebangku, keluar masuk kelas, tidur di kelas, dan bermain. Adapun peran
guru pendidikan Agama Islam yaitu guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan SKI
daalam memotivasi belajar siswa kelas VII MTs Sembada Karanggayam kebumen
memiliki peran di dalam kelas. Peran guru didalam kelas yaitu memberi arahan dan
bimbingan dan menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan. Kendala
dan solusi guru pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa kelas VII
MTs Sembada Karanggayam Kebumen terdapat beberapa factor yaitu factor
internal dan eksternal.
Factor internal yaitu kepribadian siswa dan keinginan dari dalam diri siswa
itu sendiri. Adapun factor eksternal meliputi kendala yang datang dari orang tua,
keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motivasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 10 Oct 2021 07:40 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 07:40 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/94 |