NURUL LATIFAH, 19116755 (2023) Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler IRMAS di MAN 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2022/2023”. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (939kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (483kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (220kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter yang utamanya karakter religius untuk diinternalisasikan di sekolah sebagai usaha mengatasi terjadinya penyimpangan perilaku dari peserta didik seperti bolos sekolah, merokok, tawuran, miras, bahkan seks bebas dan lain sebagainya salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler IRMAS di MAN 2 Kebumen. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi pengembangan karakter religius peserta didik melalui ekstrakurikuler IRMAS MAN 2 Kebumen; 2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler IRMAS MAN 2 Kebumen dalam pengembangan karakter religius peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan :1) Pengembangan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler IRMAS di MAN 2 Kebumen mealui keteladanan dari guru, dan kegiatan-kegiatan yang religius seperti tadarus Al-Qur’an bersama, menghafal Al-Qur’an, sholat terjamaah, menjaga kemakmuran masjid di lungkungan madrasah, beribadah tepat waktu, dan melakukan kebiasan-kebiasaan baik dalam keseharian; 2) fator pendukung dalam pelaksanaan pengembangan karakter religius melalui ekstrakurikuler IRMAS di MAN 2 kebumen yaitu latar belakang keluarga yang baik dan religius, mayoritas Peserta didik merupakan santri pondok pesantren atau asrama, fasilitas dan lingkungan madrasah yang mendukung. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pengembangan karakter religius melalui ekstrakurikuler IRMAS di MAN 2 Kebumen adalah adanya pandemi Covid-19,beragamnya latar belakang peserta didik, media sosial dan kurangnya durasi kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Agus salim Chamidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Karakter religius, IRMAS, MAN 2 Kebumen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 02:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 02:14 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/936 |