MELINDA KHURIYATUN KHASANAH, 18116537 (2022) Efektivitas Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam oleh IPNU dan IPPNU di Desa Sidomulyo Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.
1) Pendahuluan-1.pdf - Published Version
Download (620kB)
2) BAB I-2.pdf - Published Version
Download (308kB)
3) BAB II-2.pdf - Published Version
Download (490kB)
4) BAB III-1.pdf - Published Version
Download (122kB)
5) BAB IV-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
6) BAB V-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
7) Daftar Pustaka-1.pdf - Published Version
Download (247kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui efektivitas bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh IPNU dan IPPNU di Desa Sidomulyo, Kebumen (2) mengetahui metode dalam Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh IPNU dan IPPNU di Desa Sidomulyo, Adimulyo, Kebumen (3) mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan IPNU dan IPPNU dalam bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam di Desa Sidomulyo, Adimulyo, Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan Pembina, Ketua dan Guru Bimbel sebagai key informant (pemberi informasi kunci) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bimbingan belajar pendidikan agama Islam yang dilakukan IPNU dan IPPNU sudah dapat dikatakan efektif karena ketuntasan belajar sudah mencapai 75 % dari jumlah siswa, ada peningkatan hasil belajar siswa dari segi nilai dan perilaku serta adanya minat dan motivasi belajar anak. Dalam prakteknya, metode yang digunakan dalam bimbingan belajar adalah metode ceramah, pembiasaan, keteladanan, tanya jawab, nasehat, reward dan punishment. Selanjutnya ada beberapa kendala yang dihadapi antara lain adalah kurangnya minat belajar terhadap PAI, kemampuan pemahaman yang berbeda-beda, adanya kebiasaan yang kurang baik, latar keluarga yang berbeda-beda dan sarpras yang kurang memadai. Adapun solusi dalam menyeselasikan kendala-kendala tersebut adalah dengan memberikan petunjuk belajar kepada peserta, menggunakan media pembelajaran, menggunakan variasi metode belajar, peran orangtua dalam keikutsertaan mendidik belajar anak di rumah dan mamaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada.Efektivitas Bimbingan Belajar, Pendidikan Agama Islam, IPNU dan
IPPNU Desa Sidomulyo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Agus Salim Chamidi, M.Pd.I Pembimbing 2 : Agus Nur Sholeh, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Bimbingan Belajar, Pendidikan Agama Islam, IPNU dan IPPNU Desa Sidomulyo |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 08:13 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/929 |