Strategi Pembelajaran Imla` dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Arab di Pondok Pesantren Al-Huda, Jetis, Kutosari, Kebumen

Laillatul Latifah, 19116697 (2023) Strategi Pembelajaran Imla` dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Arab di Pondok Pesantren Al-Huda, Jetis, Kutosari, Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (551kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (345kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (318kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran dan pengaruh imla` dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab di Pondok Pesantren Al-Huda, Jetis, Kutosari, Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang diambil dari Kepala Pondok Pesantren, Pengurus Pondok Pesantren dan Santri Putri. Teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran imla` yang diterapkan Pondok Pesantren Al-Huda, Jetis, Kutosari, Kebumen menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri. Dengan strategi ekspositori dalam pembelajaran imla` pendidik menyampaikan materi pembelajaran imla` secara lisan dan terstruktur dengan tujuan materi imla` yang disampaikan agar memudahkan santri dalam menulis dan menggandeng huruf dalam membentuk kata dan kalimat. Adapun dengan strategi inkuiri lebih menekankan pada aktivitas peserta didik agar dapat berfikir secara kritis untuk mencari dan menemukan sendiri tentang masalah yang dipertanyakan dari pembelajaran imla` tersebut. Metode yang digunakan dalam pembelajaran imla`yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan serta latihan soal. Pengaruh pembelajaran imla` dengan penggunaan strategi ekspositori dan inkuiri sangat berpengaruh dalam peningkatan kemampuan menulis Arab peserta didik. Pengaruh dari pembelajaran imla` yaitu peserta didik jadi dapat meningkatkan keterampilan menulis, seperti: mengetahui seperti apa dan bagaimana cara menulis huruf hijaiyyah, menyambung huruf, dan tentunya dapat mengenal huruf dan harokatnya.S

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Istinganah, MA
Uncontrolled Keywords: trategi Pembelajaran Imla`, Keterampilan menulis Arab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2023 01:52
Last Modified: 24 Sep 2023 01:52
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item
View Item