IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR SAINS NUSANTARA KEBUMEN

MUHAMMAD ANJAR PRATAMA, NIM.18116455 (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR SAINS NUSANTARA KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (853kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (342kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Anjar Pratama. 18116455. Implementasi Kurikulum
Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Sains Nusantara Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan kendala dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas 1 SD Sains Nusantara Kebumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan
adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan di SD Sains Nusantara Kebumen pada kelas 1 dengan baik. Penerapan kurikulum merdeka dilakukan dalam bentuk pembelajaran berdeferensiasi dan penggunaan perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah pusat. Kendala yang dialami dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang pertama adalah terkait dengan kurikulum itu sendiri yang masih baru menyebabkan perlu adanya
pelatihan, penyesuaian dan pemahaman yang lebih agar dalam penerapannya bisa maksimal dan mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua, pemenuhan administrasi guru berupa penyelesaian evaluasi guru yang dianggap menjadi beban tersendiri oleh guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Fikria Najitama, M.S.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2023 01:58
Last Modified: 24 Sep 2023 01:58
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item
View Item