Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kleas IX di MTs Roudlotush Sholihin Jemur Pejagoan

Moh. Afif Ma’ruf, 18116477 (2022) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kleas IX di MTs Roudlotush Sholihin Jemur Pejagoan. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (541kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (279kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru dalam mengembangkan kecerdasan Emosional siswa MTs Roudlotush Sholihin Jemur, bagaimana cara Guru dalam mengembangkan kecerdasan Emosional siswa dan apa Faktor-faktor yang menghambat kecerdasan Emosional siswa di MTs Roudlotush Sholihin Jemur. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field research). yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual, maupun kelompok. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu MTs Roudlotush Sholihin Jemur. Dalam menganalisis data-data yang ada, penulis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu suatu metode analisis data yang mengambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa peran Guru dalam mengembangkan Kecerdasan Emosional siswa dinilai sudah maksimal karna guru–guru sudah menjalankan peran-perannya kepada siswa dengan cara menanamkan nilai-nilai islam, percaya diri, empati dan simpati, selalu memotivasi siswa untuk selalu bersikap optimis, semangat dalam belajar, menciptakan kelas yang kondusif serta mengevaluasi siswa terhadap tingkat pemahamanya dengan mata pelajaran. Kemudian cara Guru dalam mengembangkan kecerdasan Emosional siswa yaitu dengan cara guru membina,mengarahkan dan menjadi suritauladan yang baik terhadap peserta didik sehingga kesan dan pesan dapat contoh dan diikuti oleh
peserta didiknya, meningkatkan kesadaran diri siswa, meningkatkan pegaturan siri siswa, serta memberikan nasehat-nasehat kepada siswa untuk selalu berbuat baik kepada orang lain dan meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan kebiasaan perilaku siswa sehari-hari di lingkungan sekolah. dan faktor-faktor yang menghambat dalam mengembangkan kecerdasan Emosional siswa yaitu Orang tua,Lingkungan dan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1 : Benny Kurniawan, M.Pd.I Pembimbing 2 : Rose Kusumaning Ratri, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2023 04:00
Last Modified: 23 Sep 2023 04:00
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item
View Item