Umdatus Sukriyah, 19116636 (2023) Penerapan Metode Muroja‟ah dalam Menghafal Al-Qur‟an di MI Ma‟arif Soka Poncowarno Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (380kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (315kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (588kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (299kB)
Abstract
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui penerapan metode muroja‟ah dalam pembelajaran tahfidz juz „amma di MI Ma‟arif Soka Poncowarno Kebumen: (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam menghafalkan juz „amma di MI Ma‟arif Soka Poncowarno Kebumen. Subjek penelitian penelitian ini adalah kepala madrasah, ustadz ustadzah tahfidz, peserta didik serta orang tua peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, ustadz ustadzah pendamping tahfidz juz „amma, peserta didik dan orang tua atau wali peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data; (3) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode muroja‟ah dalam menghafalkan Al-Qur‟an juz 30 pada peserta didik di MI Ma‟arif Soka Poncowarno Kebumen adalah hafalan bersama yang dibimbing oleh ustadz ustadzah pendamping serta menghafalkan secara individu untuk menyimakkan kepada ustadz ustadzah pendamping; (2) Faktor pendukung, (a) Terdapat mata pelajaran yang mendukung seperti Al-Quran Hadits dan lain-lain, (b) Dukungan motivasi ustadz ustadzah, (c) Dukungan pihak madrasah, (d) Dukungan orang tua peserta didik, (e) Keinginan peserta didik dalam mencapai target hafalannya; Faktor Penghambat, (a) Adanya peserta didik yang belum mampu membaca huruf hijaiyah, (b) Beberapa orang tua atau wali peserta didik yang kurang mendukung putra-putinya dalam belajar, (c) Munculnya rasa bosan dan malas dalam diri peserta didik dalam menghafalkan juz „amma, (d) Sifat malu peserta didik kepada ustadz ustadzah pendamping ketika belum menghafal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Nginayatul Khasnaha, M.P.I |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Metode muroja‟ah, juz „amma |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:21 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:21 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/915 |