Syamsiatun Khasanah, 19116804 (2023) Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa SMP Ar-Raudloh Karangtanjung Alian. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (759kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (333kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (113kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (471kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan metode Pendidikan akhlak di SMP ar-Raudlah Karangtanjung Alian (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kepribadian muslim siswa SMP Ar-Raudlah Karangtanjung Alian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun desain penelitiannya adalah deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan data analisis menggunakan teori Miles & Huberman. Teknik pengolahan data menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi Pendidikan akhlak dalam pembentukan kepribadian muslim siswa SMP Ar-Raudloh Karangtanjung Alian telah menghasilkan bibit siswa yang berakhlakul karimah melalui pengajaran pendidikan akhlak. Dibuktikan dengan suri tauladan yang diberikan guru atau ustadzah, melalui mulok, kajian kitab akhlak, pengajaran di kelas, kegiatan Islami, dan ekstrakurikuler. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti pada saat pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. Adapun faktor pendukung dan penghambat pendidikan akhlak dalam pembentukan kepribadian muslim siswa di SMP Ar-Raudlah dapat disimpulkan bahwa ada 2 faktor pendukung diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor penghambat dalam pembentukan kepribadian muslim siswa yaitu latar belakang siswa SMP Ar-Raudlah hal ini dibuktikan dengan perbedaan alasan orang tua memasukan anaknya di sekolah yang ada pesantrennya. Kebiasaan yang terbawa dari rumah, kurangnya rasa peduli dari guru dan pengurus, guru dan pengurus yang kurang memahami tupoksinya, dan pola perilaku siswa yang terkadang sulit diatur. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan peneliti.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Fuad Hasyim, M.P.I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak, Kepribadian Muslim |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:43 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:43 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/914 |