Upaya Meningkatkan Karakter Spiritual Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022

Anie Arifah, NIM.17116264 and Dr. Sudadi, M.Pd.I, NIDN.2112105601 (2021) Upaya Meningkatkan Karakter Spiritual Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (925kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB 1] Text (Skripsi PAI BAB 1)
2. bab I.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. bab V.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of Skripsi PAI daftar pustaka] Text (Skripsi PAI daftar pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK
Anie Arifah. 17116264. Upaya Meningkatkan Karakter Spiritual Siswa pada Masa
Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022
Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui upaya meningkatkan karakter
spiritual siswa pada masa pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU Karangsari
Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat upaya meningkatkan karakter spiritual siswa pada masa pandemi
Covid-19 di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berdasarkan penelitian lapangan.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa MI Ma’arif NU Karangsari. Metode
pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data
penelitian tersebut di analisis dengan menggunakan Teknik analisis kualitatif.
Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik
untuk menjadi manusia seutuhnya, yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga,
serta rasa dan karsa. Pendidikan karakter juga dapat disebut dengan sebuah upaya
untuk membimbing perilaku manusia menuju standar-standar baku tentang sifat�sifat baik. Adapun peran-peran guru dalam pendidikan karakter antara lain;
keteladanan, inspirator, motivator, dan dinamisator.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) upaya
meningkatkan karakter spiritual siswa pada masa pandemi Covid-19 disesuaikan
dengan metode pembelajaran online yaitu dengan penugasan yang berkaitan dengan
karakter. (2) faktor pendukung upaya meningkatkan karakter spiritual siswa yaitu
guru yang professional, jaringan internet, dan komunikasi yang baik, sedangkan
faktor penghambatnya yaitu penyesuaian metode pembelajaran dengan kondisi
pandemi, pendampingan orang tua, dan adanya manipulasi pengerjaan tugas.
Kata kunci: Upaya Meningkatkan, Karakter Spiritual, Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan, Karakter Spiritual, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:08
Last Modified: 06 Oct 2021 07:08
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item
View Item