Implementasi Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II MI Darussalam Tersobo

Salma Indrayanti, 1912878 (2023) Implementasi Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II MI Darussalam Tersobo. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)
[thumbnail of Cover salma indra.pdf] Text
Cover salma indra.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah media Pop Up Boook yang dijadikan sebagai media dalam melatih, dan membantu siswa dalam kebahasaan khususnya pada bidang membaca, dengan tujuan agar mempermudah siswa untuk memahami isi bacaan yang mereka baca dan membangkitkan semangat belajar mereka. Karena, membaca pada hakikatnya juga suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekedar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Tahap-tahapan pelasanaan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengorganisasikan masalah sesuai topic yang dipilih, merencanakan kegiatan pembelajaran (membuat RPP), melaksanakan pembelajaran (mengumpulkan informasi dan mengumpulkan data), evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Temuan dari penelitian ini adalah (1) Mekanisme penggunaan media pop up book yaitu (a) Tahap persiapan, (b) Tahap yang kedua peserta didik diminta menyimak dan memperhatikan petunjuk dan perintah guru (c) guru menjelaskan cara menggunakan media Pop Up, (d) peserta didik mengamati materi, (e) guru memberi contoh, (f) peserta didik diminta mengamati dan menirukan apa yang telah guru samapikan, (g) peserta didik diminta membaca satu persatu kedepan untuk membaca cerita pada pop up book (h) guru memperhatikan dan mengoreksi peserta didik, serta (i) tahapan penyelesaian. (2) Hasil belajar pada kemampuan membaca siswa terlihat pada rata-rata pretes 70 dan rata-rata posttest 72 dimana terdapat peningkatan walaupun tidak besar . Siswa laki-laki yang telah lancar membaca 43% sedangkan siswa perempuan mencapai 70 % angka ini didasarkan pada kemampuan siswa dalam membaca cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nur Hidayah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media, Pop Up Book, Kemampuan Membaca, Tahapan , Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:30
Last Modified: 31 Aug 2023 01:30
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item
View Item