Peranan Pembina Asrama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Asrama Daarul „Ilmi SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen

Ahmad Miftahul Arzaq, 19116771 (2023) Peranan Pembina Asrama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Asrama Daarul „Ilmi SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (847kB)
[thumbnail of 2. BAB I .pdf] Text
2. BAB I .pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of 3. BAB II .pdf] Text
3. BAB II .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang sekolah SMK TKM Pertambangan Kebumen, bahwasannya masih banyaknya kerusakan moral seperti perkelahian, pergaulan bebas, minuman keras, seks bebas dan lain sebagainnya. Pembinaan akhlak sangatlah penting dilakukan oleh pembina asrama khususnya dalam akhlak dan adab budi pekerti melalui pembinaan di asrama. Karenanya penelitian ini ingin menggali lebih dalam yang tentang bagaimana pembinaan akhlak oleh pembina asrama pada asrama Daarul „Ilmi SMK TKM Pertambangan Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana pembinaan akhlak yang dilakukan oleh pembina asrama dalam membina siswa di asrama. Sumber primer dari penelitian ini ialah data-data observasi, wawancara dan dokumentasi yang di peroleh dari asrama Daarul „Ilmi SMK TKM Pertambangan Kebumen. Adapun sumber sekundernya yaitu data-data pendukung dari referensi terkait. Teknik analisis data dengan cara melakukan wawancara untuk mengumpulkan data narasumber kemudian data tersebut di reduksi (rangkum) untuk membuat fokus penelitian, kemudian data diuraikan (sajikan) dalam bentuk narasi dan data di simbulkan untuk memaparkan hasil temuan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembinaan akhlak siswa yang dilakukan oleh pembina asrama pada Asrama Daarul „Ilmi SMK TKM Pertambangan Kebumen dalam pelaksanaan pembinaan akhlak siswa asrama dengan cara memberikan bimbingan arahan dan contoh untuk mengerjakan ketaatan kepada Allah dengan memberikan ketauladanan kepada siswa serta pemberian sanksi bagi siswa yang melanggar dan kegiatan-kegiatan pembinaannya dalam membina akhlak siswa yaitu pembinaan sholat berjama‟ah dan sholat sunnah, pembinaan tadarus bersama sebelum sholat serta membiasakan siswa asrama untuk melakukan puasa senin dan kamis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembina asrama, pembinaan akhlak, siswa asrama, Asrama Daarul„Ilmi, SMK TKM Pertambangan Kebumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:45
Last Modified: 28 Aug 2023 07:45
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item
View Item