Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di MTs Al Mansyuriyah Banjurpasar Kebumen

Ulfatun Baroroh, Ulfatun Baroroh (2023) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di MTs Al Mansyuriyah Banjurpasar Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (709kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan di MTs Al Mansyuriyah Banjurpasar Kebumen, (2) Mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan di MTs Al Mansyuriyah Banjurpasar Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di MTs Al Mansyuriyah Banjurpasar Kebumen. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, guru agama serta peserta didik kelas VII. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan pembiasaan dalam membentuk karakter religius dan disiplin terbagi menjadi tiga yang terdiri dari pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, dan pembiasaan terprogram (2) Faktor pendukung : sudah terprogram dengan baik, motivasi serta dukungan dari komite dan semua warga madrasah, kerjasama antar guru dan karyawan dalam mengontrol kegiatan, antusias peserta didik, serta sarana dan prasarana yang sudah memadai. faktor penghambat: pengaruh negatif dari teman sebaya, perbedaan pola asuh, dan perbedaan karakter pembawaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Tahrir Rosadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, pembiasaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:22
Last Modified: 28 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item
View Item