Khofifah Eka Septiana, 18116415 (2022) Penerapan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Srati Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (986kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB)
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui problem yang dialami guru dalam menerapkan metode Discovery Learning di MI Sultan Agung Srati Ayah Kebumen., (2) Dan solusi apa yang diambil guru dalam metode discovery learning pada mata pembelajaran aqidah akhlak kelas VI di MI Sultan Agung Srati Ayah Kebumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode discovery learning sangat cocok diterapkan pada pembelajaran Aqidah Akhlak di Mi Sultan Agung Srati, hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam belajar di kelas, siswa berhasil memecahkan masalah bersama kelompok belajarnya dan hasil nilai siswa yang memuaskan. Selain itu, metode ini juga mampu mengubah sikap siswa yang semula merasa jenuh ketika pembelajaran sedang berlangsung, setelah menerapkan metode ini siswa menjadi bersemangat dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Meskipun ada beberapa hal yang menjadi kendala seperti guru kurang paham tentang sintak yang ada pada model dan langkah kegiatan pembelajaran dan kurang mengingat fase pada sintak model pembelajaran sehingga saat proses pembelajaran tiap fase tidak dilakukan secara urut. Siswa yang ingin membentuk kelompok sendiri sehingga ada yang tidak memiliki kelompok dan pada saat guru tidak mengawasi jalannya diskusi siswa akan berdiam diri dan tidak banyak memebrikan pendapat atau ide dalam diskusi kelompok. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru dituntut terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan siswa, sehingga ketika pembelajaran akan lebih mudah di tangkap. Guru juga harus memiliki metode yang menarik dan mudah dipahami untuk meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas, karena metode pembelajaran sangat mendukung siswa dalam belajar. Oleh karena itu guru di tuntut untuk menguasai model pembelajaran sebelum masuk kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Eliyanto,M.Pd. Pembimbing 2 : Maryanto, M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Metode discovery Learning, dan Pembelajaran Aqidah Akhlak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:10 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/885 |