Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlaq MI Ma’arif Wotbuwono Tahun Pelajaran 2018/2019

Rizqi Nur Annisa, NIM.1512702 (2019) Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlaq MI Ma’arif Wotbuwono Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (725kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (334kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (218kB)
[thumbnail of BAB IV DAN V.pdf] Text
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK
Rizqi Nur Annisa. 1512702. Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlaq MI Ma’arif Wotbuwono Tahun Pelajaran 2018/2019. Rendahnya kualitas pendidikan disebabkan oleh berbagai persoalan salah satunya adalah kompetensi profesional tenaga pendidik. Guru/tenaga pendidik
memiliki tugas untuk mengajar dan mendidik peserta didiknya dimana tugas ini merupakan tugas yang sangat strategis dalam profesinya. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi keguruan yang memadai termasuk kompetensi professional guru. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Guru Akidah Akhlaq memenuhi kompetensi profesionalnya pada MI Ma’arif Wotbuwono tahun pelajaran 2018/2019 serta usaha madrasah dalam memelihara dan meningkatkan kompetensi professional guru akidah akhlaq MI
Ma’arif Wotbuwono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi profesional sudah baik
karena sudah memenuhi hampir semua indikator kompetensi profesional yakni memiliki penguasaan materi yang baik, mampu melakukan program pengajaran, telah menggunakan metode, sumber, alat pembelajaran dengan baik sesuai dengan
materi, dan telah menguasai kompetensi dasar dengan baik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, namun ada beberapa indikator yang belum maksimal yakni dalam penggunaan media pembelajaran masih belum menggunakan fasilitas
yang telah disediakan, dan belum mengembangkan keprofesionalannya dengan melakukan tidakan reflektif seperti melakukan penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diketahui bahwa seorang pendidik penting sekali untuk menguasai kompetensi profesional guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 :H.M. Bahrul Ilmie, S.Ag.,M.Hum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:20
Last Modified: 24 Jul 2023 02:20
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item
View Item