Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Jum’at Berbagi Pada Siswa Kelas 1 C Di Min 3 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023

Nur Khotijah, 1912888 (2023) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Jum’at Berbagi Pada Siswa Kelas 1 C Di Min 3 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 01 COVER NUR KHOTIJAH 1912888.pdf] Text
01 COVER NUR KHOTIJAH 1912888.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 02 BAB 1 NUR KHOTIJAH 1912888.pdf] Text
02 BAB 1 NUR KHOTIJAH 1912888.pdf - Published Version

Download (417kB)
[thumbnail of 03 BAB II NUR KHOTIJAH 1912888.pdf] Text
03 BAB II NUR KHOTIJAH 1912888.pdf - Published Version

Download (575kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Profil Pelajar Pancasila di MIN 3 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023 (2) Untuk Mendeskripsikan Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan Pembiasaan Jum’at Berbagi dalam menerapkan Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas 1 C di MIN 3 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023 (3) Mendeskripsikan dampak kegiatan pembiasaan jum’at berbagi dalam menerapkan profil pelajar pancasila terhadap karakter siswa kelas 1 C. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitianini adalah Kepala Madrasah, WAKA Kesiswaan, Guru Kelas 1 C, dan 5 siswa kelas 1 C. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam proses penelitian berupa data hasil wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpula Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi profil pelajar pancasila Di MIN 3 Kebumen tahun ajaran 2022/2023 dilakasanakan melalui kegiatan Pembiasaan Jum’at berbagi, infaq jum’at, jum’at sehat dan beberapa kegiatan penanaman karakter seperti kegiatan pembiasaan shlat dhuha, sholat berjamaa, pembiasaan sebelum pembelajaran, kegiatan tahfidz, dan kegiatan lainnya yang mendukung (2) Mekanisme pelaksanaan kegiatan pembiasaan jum’at berbagi dalam menerapkan profil pelajar pancasila ada siswa kelas 1 C terdapat 3 tahap: Persiapan, Pelaksanaan, Refleksi dan evaluasi. (3) Kegiatan Pembiasaan Jum’at Berbagi dalam menerapkan Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas 1 C memberikan pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah dan luar sekolah.
Kata Kunci: Implementasi profil pelajar pancasila, Kegiatan Pembiasaan Jum’at berbagi, Mekanisme pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Atim Rinawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi profil pelajar pancasila, Kegiatan Pembiasaan Jum’at berbagi, Mekanisme pelaksanaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:48
Last Modified: 15 Jul 2023 04:48
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item
View Item