Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ovi Nuryana, 18116521 (2022) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (815kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (765kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter religius dan toleransi dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan (2) Mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dengan nilai pendidikan karakter oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif analisis yang objek utama analisis berasal dari literatur danteks yaitu novel Sepatu Dahlan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, studi pustaka dan wawancara sebagai referensi penyusunan skripsi ini. Teknik analisis data yang dipakai yaitu analisis data kualitatif dengan teknik reduksi data, menyajikan data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan Nilai-nilai pendidikan karakter religius dan toleransi dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara nilai religius dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, yaitu (1) melalui penggambaran perilaku-perilaku yang ditunjukkan
oleh tokoh Dahlan dan juga Bapak Dahlan dalam kehidupan sehari-harinya. Perilaku-perilaku mereka yang mencerminkan nilai religius
diwujudkan dalam ketaatan mereka ketika menjalankan ajaran agamanya, salah satunya yaitu dengan menunaikan kewajiban sholat berjamaah di masjid dan juga mengaji sementara nilai karakter toleransi tergambar pada karakter tokoh Dahlan yang tercermin dalam perilaku memberikan kesempatan bagi orang lain untuk memperoleh hak dan kewajibannya. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter religius dan toleransi pada Novel Sepatu Dahlan dengan konsep pendidikan karakter Kemendikbud ialah strategi pembelajaran yang sesuai seperti strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi kooperatif, strategi berbasis proyek, strategi pelayanan, dan strategi berbasis kerja novel Sepatu Dahlan dapat dijadikan sebagai bahan ajar oleh tenaga pendidik karena memuat banyak pelajaran baik yaitu nilainilai karakter untuk nantinya dikembangkan dan diterapkan pada lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Novel, Kemendikbud

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Novel, Kemendikbud
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:52
Last Modified: 21 Jun 2023 03:53
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item
View Item