Laeli Astutiningsih, NIM.1813137 (2022) Manajemen Bimbingan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (882kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (290kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (205kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB)
Abstract
ABSTRAK
Laeli Astutiningsih. (1813137). Manajemen Bimbingan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen, Prodi MPI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen BK di SMK Ma’arif 1 Kebumen dan untuk mengetahui bagaimana faktor pengaruh dan penghambat manajemen BK dalam meningkatkan kedisiplinan di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Penelitian ini dilakukan dengan 6 responden yaitu Waka Humas, Waka Sapras, Waka Kesiswaan, Guru BK, Wali Kelas dan Siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan berupa data manajemen yang dilakukan SMK Ma’arif 1 Kebumen. Analisis data yang
digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan BK dalam membina kedisiplinan di SMK Ma’arif 1 Kebumen dilakukan dengan cara perencanaan program kerja BK dimana program tersebut dimulai dari pembuatan angket, dimana angket tersebut terdapat beberapa poin indikator yang harus disebar ke siswa untuk diisi. Pengorganisasian oleh guru BK yang sudah dibentuk dengan persetujuan kepala sekolah. Pelaksanaan program pembinaan kedisiplinan yaitu dilakukan 1 minggu sekali, setiap ada jam pelajaran BK dan untuk wali kelas setiap hari jum’at. Sedangkan evaluasi pembinaan kedisiplinan siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Faktor penghambat
dalam pembinaan siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen terdapat 2 penghambat yaitu faktor eksternal dan internal. Dimana faktor eksternal terdiri dari pengaruh pertemanan, pengaruh kemajuan teknologi, pengaruh gaya (style), pengaruh
lingkungan sekitar, pengaruh keluarga. Sedangkan faktor internal seringnya masuk kelas tidak tepat waktu awal pelajaran ataupun setelah istirahat, ketika guru
sedang menjelaskan siswa sibuk mainan HP sendiri, datang ke sekolah sering terlambat. Adapun faktor pendukung pembinaan kedisiplinan siswa Kedisiplinan
sangatlah penting untuk siapapun. Salah satunya yaitu untuk siswa SMK Ma’aarif 1 Kebumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 03:51 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 03:51 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/837 |