UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK TERBIMBING TUTOR SEBAYA PADA KELAS IX MTs AL-MANSYURIYAH BANJURPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mokhamad Miftaful Busro, 18116572 (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK TERBIMBING TUTOR SEBAYA PADA KELAS IX MTs AL-MANSYURIYAH BANJURPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (695kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (923kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih pada Kelas IX MTs Al-Mansyuriyah Banjurpasar Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen melalui metode Diskusi Kelompok Terbimbing Tutor Sebaya.
Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas IX MTs Al-Mansyuriyah Banjurpasar Tahun Pelajaran 2022/2023 sejumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan data pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode Diskusi Kelompok Terbimbing Tutor Sebaya dan hasil belajar yang berupa hasil ulangan harian dan hasil evaluasi siklus I serta siklus II. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan nilai rerata kelas meningkat dari 69,87 pada pratindakan menjadi 81,07 pada siklus I dan 85,80 pada siklus II. Ketika digunakan persentase maka peningkatan rerata nilai kelas pada siklus I sebesar 16,03 % dibandingkan kondisi awal dan pada siklus II meningkat 5,84% dibandingkan siklus I. Selain itu, keaktifan siswa dalam pembelajaran, kemampuan bersosialisasi dengan anggota berkelompok dan tutor sebaya serta kemampuan siswa dalam berdiskusi dalam kelompok menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rerata aktivitas siswa pada siklus I 68,5 % menjadi 78,6% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan melalui metode diskusi kelompok terbimbing tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih pada kelas IX MTs Al-ansyuriyah Banjurpasar Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : diskusi kelompok terbimbing tutor sebaya, pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: diskusi kelompok terbimbing tutor sebaya, pembelajaran Fiqih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:04
Last Modified: 19 Jun 2023 07:04
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item
View Item