Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar di lingkungan Komplek H Pondok Pesantren Al-Huda Putri tahun ajaran 2020/2021

Apriyati Ningsih, NIM.17116225 and Syifa Hamama, S. ikom., M. Si.,, NIDN.2116028603 (2021) Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar di lingkungan Komplek H Pondok Pesantren Al-Huda Putri tahun ajaran 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
SKRIPSI-APRIYATI NINGSIH-1-14.pdf - Published Version

Download (576kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
SKRIPSI-APRIYATI NINGSIH-15-25.pdf - Published Version

Download (263kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
SKRIPSI-APRIYATI NINGSIH-90-146.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
APRIYATI NINGSIH. 17116225. Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi
belajar di lingkungan Komplek H Pondok Pesantren Al-Huda Putri tahun ajaran
2020/2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran daring dapat
mempengaruhi motivasi belajar siswa di lingkungan Komplek H Pondok Pesantren
Al-Huda Putri tahun ajaran 2020/2021 dan problematika pembelajaran daring di
lingkungan Komplek H Pondok Pesantren Al-Huda Putri tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan. Siswa yang diteliti adalah siswa SMP
sederajat, SMA sederajat, dan mahasiswa perguruan tinggi yang bertempat tinggal di
Pondok Pesantren Al-Huda Putri Komplek H sejumlah 25 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa data dari pembelajaran daring dan motivasi
belajar. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket atau
kuisioner, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis uji coba
instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis statistik inferensial (normalitas, uji
regresi linear sederhana, dan uji korelasi product moment).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring
mempengaruhi motivasi belajar siswa dan mahasiswa di Lingkungan Komplek H
Pondok Pesantren Al-Huda Putri tahun ajaran 2020/2021 dengan tingkat pengaruh
sedang dengan beberapa problematika seperti jangkauan internet dan minimalisnya
kuota, banyaknya tugas yang diberikan oleh guru dan dosen, daya batrai cepat habis,
aplikasi yang kurang mendukung pembelajatran daring, dan kurangnya waktu yang
diberikan.
(Kata kunci: pembelajaran daring, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, motivasi belajar)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:56
Last Modified: 27 Sep 2021 02:56
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item