Widya Annisa Nurazizah, NIM.17116314. and Imam Subarkah, M.Pd, NIDN.2129078202 (2021) Implementasi Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Furqon Kembangsawi Kecamatan Ambal. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (890kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (245kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB)
Abstract
ABSTRAK
Widya Annisa Nurazizah. 17116314. Implementasi Metode Pembiasaan pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Furqon Kembangsawi
Kecamatan Ambal.
SDIT Al Furqon merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah
Yayasan Al Hidayah yang memadukan nilai-nilai iman dan takwa dengan IPTEK.
SDIT Al Furqon merupakan model sekolah yang mengintregasikan keunggulan
sistem pendidikan yang mengakumulasikan dari proses pembudayaan, pewarisan
dan pengembangan ajaran agama Islam, budaya dan peradaban Islam dari generasi
ke generasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah merupakan penilitian lapangan. Data�datanya dikumpulkan degan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan model analisis deskriptif�eksploratif yang melibatkan tiga komponen analisis: yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembiasaan pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Furqon Kembangsawi
Kecamatan Ambal dilakukan dengan cara: 1) pembacaan selawat nabi. 2)
pembacaan asma’ul ḥusna. 3) ṣalat ḍuḥa setiap pagi. 4) ṣalat ẓuhur berjemaah 5)
pembacaan suratan pendek. 6) jum’at amal. Adapun masalah-masalah yang
dihadapi dalam pembiasaan adalah: 1) waktu yang terbatas. 2) jadwal
pelaksanaan. 3) kurangnya waktu efektif dari siswa. Cara mengatasi permasalahan
yang dihadapi dalam pembiasaan sekolah di SDIT Al Furqon: 1) koordinasi dari
pihak sekolah dalam pelaksanaan pembiasaan. 2) sosialisasi tentang pembiasaan
sekolah di SDIT Al Furqon. 3) motivasi siswa dalam pelaksanaan pembiasaan. 4)
pemberian sanksi. 5) mengefektifkan waktu dalam proses pembiasaan. 6)
ketepatan waktu siswa pembiasaan. Pembiasaan tersebut efektif dalam
membentuk kepribadian anak yang shalih antara lain: terbiasa tepat waktu dalam
mengerjakan ibadah, terbiasa mengucapkan asma’ul ḥusna dan selawat Nabi,
bersyukur dan menambah hafalan Al-Qur’an.
Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Pembelajaran PAI |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2021 06:18 |
Last Modified: | 26 Sep 2021 06:18 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/71 |