STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI PATUKREJOMULYO KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020/2021

PUJI ASIH, NIM.17116342 and Faisal, S.Ag. M.Ag, NIDN.. 2113027001 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI PATUKREJOMULYO KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of Skripsi PAI lembar pengesahan] Text (Skripsi PAI lembar pengesahan)
Scan Surat Pengesahan. Puji Asih PAI F Nim. 17116342.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK
Puji Asih. 17116342. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa
di Sekolah Dasar Negeri Patukrejomjulyo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen
Tahun Pelajaran 2020/2021.
Tujuan Penelitian adalah: (1) Mengetahui strategi Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam pada siswa di SD Negeri Patukrejomulyo Kecamatan Mirit
Kabupaten Kebumen Tahun 2020/2021; (2) Mengetahui faktor pendukung dan
penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa di SD Negeri
Patukrejomulyo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun 2020/2021.
Strategi diartikan sebagai pola umum kegiatan guru dengan siswa dalam
perwujudan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Strategi pembelajaran sebagai pola-pola umum kegiatan belajar mengajar untuk
mencapai tujuan.
Strategi pembelajaran merupakan suatu sistem intruksional yang mengacu
pada seperangkat komponen yang saling bergantung satu sama lain untuk mencapai
tujuan. Dengan demikian strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan kegiatan
proses terencana yang dilakukan seorang pendidik dalam mengkondisikan siswa
supaya dapat belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran
mengandung sejumlah komponen yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan
belajar mengajar, metode, alat dan sumber, serta evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dalam satu kelas guru
tidak menuntut semua anak memiliki tingkat pencapaian yang sama, dalam satu
kelas tidak memiliki kondisi yang sama secara mental. Oleh karena itu tujuan
pembelajran PAI dalam membentuk pribadi muslim bagi anak disesuaikan dengan
kondisi masing-masing anak.
Kata kunci: Strategi pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:13
Last Modified: 20 Sep 2021 04:13
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item